PDIP Ungkap Ada Partai Lain Bakal Deklarasi Dukung Ganjar Capres di Bulan Mei
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua dari kiri) (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkap bakal ada partai yang mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

Sikap politik ini bakal disampaikan setelah pendaftaran calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Setelah tanggal 14 Mei nanti akan ada partai politik lain yang akan bergabung (mendukung Ganjar, red)," kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis, 27 April.

Tak dirinci Hasto partai mana yang akan mengumumkan dukungan itu. Namun, dia memastikan PDIP terus melakukan komunikasi politik setelah mengumumkan Ganjar sebagai capres.

"Secara resmi kami akan menerima kunjungan dari PPP yang memang kami bertetangga, memiliki sejarah yang panjang, memiliki kedekatan baik secara politik, kultural maupun ketokohan," tegasnya.

"Dan kemudian minggu depan juga akan dilakukan komunikasi yang intens dengan parpol yang lain," sambung Hasto.

Diberitakan sebelumnya, PDIP akhirnya resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Pengumuman secara resmi disampaikan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

"Pada jam 13.45 WIB, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden dari PDIP," kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Setelah pengumuman ini, sejumlah partai memberikan dukungannya pada Ganjar. Di antaranya Partai Hanura yang diketuai Oesman Sapta Odang dan PPP yang menyampaikan dukungan pada Rabu, 26 April.