Dishub DKI Jakarta Akan Evaluasi Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Santa Mulai 26 April 2023
Kawasan Simpang Santa yang dipadati pengendara mobil hingga motor, Jakarta Selatan. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan evaluasi rekayasa lalu lintas di Simpang Santa atau Simpang Jalan Wijaya I-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Suryo, Jakarta Selatan, mulai 26 April 2023.

Evaluasi tersebut dilakukan setelah kondisi lalu lintas di Jakarta kembali normal. Sedangkan kondisi Jakarta saat ini sudah sepi karena masyarakat sudah mudik Lebaran 2023.

"Kita akan coba melihat pengaturan yang baru ini setelah masuk kantor ya tanggal 26 April besok," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu, 19 April.

Evaluasi akan lebih ideal pada saat 2 Mei karena keseluruhan sudah kembali normal untuk dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pengaturan yang baru. Pada saat dilakukan rekayasa, pekan lalu, sebenarnya terjadi kemacetan cukup parah di jalan Ciranjang, jalan Senopati dan sekitarnya. Hal ini karena terjadi bottle neck akibat arus lalu linta dari Jalan Wijaya tidak bisa berbelok kanan ke arah jalan Tendean.  

Selain itu, Syafrin menjelaskan, arus lalu lintas di Simpang Santa sudah cukup normal. Hal itu lantaran kondisi Jakarta yang lenggang akibat masyarakat mulai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Ya dari hasil pantauan kami sejak tanggal 17 malam kemarin di buka, seharian kemarin tanggal 18 dan kami juga ke sana untuk memantau," katanya.

Saat ini situasinya cukup normal. Tidak ada antrean yang berarti di Jalan Tendean maupun di Jalan Wijaya. "Namun perlu dipahami, kemarin dan hari ini sudah memasuki akhir dari masyarakat kerja kemudian sudah persiapan mudik," kata Syafrin.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta masyarakat untuk sabar menunggu hasil akhir evaluasi kawasan lampu merah Simpang Santa atau Simpang Jalan Wijaya I-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Suryo, Jakarta Selatan.

"Saya harap masyarakat bisa bersabar saja dulu, dinas terkait lagi kerja (jalur Simpang Santa) agar bisa digunakan dengan nyaman. Prinsipnya untuk kenyamanan seluruh masyarakat pengguna jalan," kata Heru di Jakarta Timur, Rabu lalu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan Polda Metro Jaya sedang melakukan penyesuaian dan uji coba rekayasa lalu lintas di simpang tersebut.

Pemprov DKI sudah memerintahkan dinas terkait untuk menuntaskan rekayasa jalur lalu lintas di kawasan tersebut dan akan mengedepankan kenyamanan bagi seluruh masyarakat pengguna jalan.

Terkait