Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah akan melakukan penghijauan kawasan Monumen Nasional (Monas) pada tahun ini. Dalam penataan itu, kawasan parkir IRTI dan Lenggang Jakarta akan dipindahkan ke sisi timur dekat Stasiun Gambir.

Saat ini, lokasi parkir kendaraan dan kios-kios Lenggang Jakarta tersebut berada di sisi selatan kawasan Monas. Dalam perencanaan, sisi selatan akan dibuat lebih hijau dengan penanaman lebih banyak pohon.

Hal ini terungkap setelah rapat pimpinan pembahasan penataan kawasan Monas yang digelar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kementerian Sekretariat Negara.

"Parkir IRTI kemudian Lenggang Jakarta ini nanti semua juga akan kita masukan ke dalam area penamabahan lajur hijau. Kita sudah siapkan mitiigasinya. Kalau untuk parkir termasuk kios UMKM akan kita siapkan di sisi timur daripada Monas," kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 11 April.

Namun, relokasi IRTI dan Lenggang Jakarta ke sisi timur Monas baru akan dilakukan dalam penataan tahap kedua.

Penataan tahap pertama yang bakal dilakukan berupa penghijauan di keempat silang Monas, yakni di Silang Merdeka Daya Barat, Silang Monas Tenggara, Silang Monas Timur Laut, dan Silang Monas Barat Laut. Nantinya, jalur pejalan kaki akan dipersempit untuk penanaman rumput.

"Jadi di silang-silang itu nanti akan tersedia jalur 12 meter kiri dan kanan masing-masing silang. Yang sebelumnya posisi saat ini 20 meter. Sehingga, itu untuk memperbesar area hijau," urai Afan.

Dalam penataan tahap pertama tersebut, pemerintah juga akan membuat amfiteater sebagai arena penonton pertunjukan video mapping yang ditayangkan di tugu Monas.

Secara umum, pemerintah pusat bersama Pemprov DKI akan memperluas area hijau di kawasan Monas dari yang awalnya 50 persen menjadi 64 persen. Desain penghijauan Monas telah dibuat oleh Pemprov DKI.

Masterplan penataan kawasan Monas akan dibawa ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka untuk diminta persetujuannya sebelum melaksanakan pembangunan.

Rencananya, penataan Monas dilakukan sekitar bulan Juli atau Agustus. Ditargetkan, penghijauan area ikon nasional ini bakal selesai tahun 2024.