Ditangkap Tim Gabungan, Ini Kejahatan Anggota KKB Inisial B 
Patroli gabungan TNI-Polri di Kabupaten Puncak Jaya. (ANTARA/HO/Humas Polda Papua) (Foto: Antara)

Bagikan:

TIMIKA - Tim gabungan TNI Polri dalam Satgas Damai Cartenz menangkap seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Pelaku yang diamankan berinisial B alias YM.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombespol Faizal Ramadhani menuturkan, penangkapan terhadap B berawal dari laporan masyarakat terkait dengan adanya keberadaan anggota KKB tersebut.

Laporan ini lalu ditindaklanjuti oleh petugas dan dilakukan penangkapan sejak Rabu, 5 April lalu.

“Untuk saat ini yang bersangkutan telah diamankan di Polres Puncak, untuk dilakukan pemeriksaan oleh penyidik”, kata Faizal dalam keterangannya, Jumat, 7 April.

Faizal menerangkan, B merupakan anak buah dari pimpinan KKB Puncak, Numbuk Telenggen dan Pilanus Walker. B disebut juga ikut serta dalam melakukan sejumlah serangan dari KKB.

"Anggota KKB B alias YM pernah terlibat dalam beberapa aksi yang menimbulkan korban jiwa, baik dari masyarakat sipil maupun aparat TNI-Polri," tuturnya.

Anggota KKB ini, lanjut Faizal, pernah terlibat dalam aksi penembakan terhadap tukang ojek bernama Udin yang meninggal dunia pada tanggal 14 April 2021 di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak.

Lalu, B juga pernah ikut dalam aksi pembakaran Tower BTS pada tanggal 3 Januari 2021, serta pembakaran helikopter UP MI815 Milik P. Ersa di Bandara Aminggaru tanggal 11 April 2021 di Kabupaten Puncak.

Tak hanya itu, B juga pernah terlibat dalam penembakan terhadap anggota Ops Nemangkawi di Kampu