Beijing Kritik Pertemuan Presiden Tsai dan Ketua DPR AS, Kapal Perang Taiwan Pantau Kapal Induk China dari Jarak Dekat
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bersama Ketua DPR AS Kevin McCarthy. (Twitter/@SpeakerMcCarthy)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal perang Taiwan memantau dengan cermat kapal induk China, usai Beijing mengkritik pertemuan Presiden Tsai Ing-wen dengan Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy di California, namun belum melihat adanya eskalasi yang ditimbulkan, sebut pemerintah Taipei pada Hari Kamis.

Kapal induk China, Shandong, terlihat pada Hari Rabu dan saat ini berada di 200 mil laut (370 km) di lepas pantai timur Taiwan, kata Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng kepada para wartawan di parlemen di Taipei.

"Itu adalah latihan tetapi waktunya cukup sensitif, dan apa yang dilakukannya masih kami pelajari," kata Menteri Chiu, seraya menambahkan belum ada pesawat yang terlihat lepas landas dari geladaknya, melansir Reuters 6 April.

Dia kemudian mengatakan kepada anggota parlemen, kapal itu berada di sebelah timur ujung selatan Taiwan, dan kapal perang Taiwan memantaunya pada jarak lima hingga enam mil laut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kelompok kapal Tiongkok itu terdiri dari tiga kapal, termasuk kapal fregat dan kapal pendukung, dengan sebuah kapal perang Jepang sedang memantau kelompok tersebut.

Dikatakan, ini adalah pertama kalinya Jepang melihat Shandong, yang ditugaskan pada tahun 2019, memasuki Pasifik.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok menolak berkomentar tentang kapal induk itu dan apa yang sedang dilakukannya.

Sebelumnya, China telah berlayar dengan kapal induknya di dekat Taiwan pada saat-saat yang sama sensitifnya. Pada Bulan Maret tahun lalu, Shandong berlayar melalui Selat Taiwan, hanya beberapa jam sebelum Presiden China dan AS dijadwalkan untuk berbicara.

Kapal induk AS, USS Nimitz, juga berada sekitar 400 mil laut di sebelah timur Taiwan, kata Menteri Chiu.

"Tidak dapat dikatakan bahwa kapal itu ada di sini untuk kami, tetapi begitu situasi ini terjadi - semuanya terkait," tambahnya.

Angkatan Laut AS menolak berkomentar, dan menambahkan bahwa mereka "tidak akan berspekulasi tentang operasi USS Nimitz".

Diketahui, McCarthy - pejabat tertinggi ketiga dalam hirarki kepemimpinan Negeri Paman Sam - bersama anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat lainnya, bertemu dengan Presiden Tsai pada Hari Rabu di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan di Simi Valley, California.

Pertemuan tersebut berlangsung pada saat hubungan AS-Tiongkok sedang surut dan meskipun ada ancaman pembalasan dari Beijing, yang mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai miliknya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawanya di bawah kendali Tiongkok.