Kecam Pertemuan Presiden Taiwan dengan Ketua DPR AS, China Bakal Ambil Langkah Tegas Jaga Kedaulatan dan Integritas Teritorialnya
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bersama Ketua DPR AS Kevin McCarthy. (Twitter/@iingwen)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri China pada Hari Kamis mengutuk pertemuan di California, Amerika Serikat antara pemimpin Taiwan dan Ketua DPR AS sebagai "tindakan kolusi", menegaskan China akan mempertahankan kedaulatannya, menurut kantor berita Xinhua.

"Tiongkok dengan tegas menentang dan mengutuk keras tindakan-tindakan tersebut," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, menurut kantor berita resmi negara, melansir Reuters 6 April.

"Menanggapi tindakan kolusi yang sangat keliru antara Amerika Serikat dan Taiwan, China akan mengambil langkah-langkah tegas dan efektif untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Kevin McCarthy menjamu Presiden Tsai Ing-wen di California pada Hari Rabu, menjadi tokoh AS paling senior yang bertemu dengan pemimpin Taiwan di wilayah AS dalam beberapa dekade terakhir, menekankan perlunya mempercepat pengiriman senjata ke Taiwan dalam menghadapi ancaman yang semakin meningkat dari China.

Sebuah pernyataan terpisah yang dikeluarkan oleh Komite Urusan Luar Negeri Kongres Rakyat Nasional pada Hari Kamis, yang dilansir oleh Xinhua, mengatakan, tindakan McCarthy telah "secara serius melanggar komitmen yang dibuat oleh Amerika Serikat terhadap China dalam masalah Taiwan."

Diketahui, China mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya, sebuah posisi yang ditentang keras oleh pemerintah di Taipei. Sementara, Washington mengalihkan pengakuan diplomatik dari Taiwan ke Beijing pada tahun 1979.

Bulan lalu, Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, Amerika Serikat menghormati "Kebijakan Satu-China" dan tidak ingin melihat perubahan status quo yang berkaitan dengan Taiwan, yang dianggap China sebagai provinsi yang memisahkan diri.