Iran Selidiki Dugaan Serangan Drone Terhadap Kompleks Kementerian Pertahanan di Isfahan
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Tijl Vercaemer)

Bagikan:

JAKARTA - Iran menggagalkan serangan pesawat tak berawak terhadap kompleks Kementerian Pertahanan di pusat Kota Isfahan semalam, kantor berita Tasnim Iran melaporkan pada Hari Rabu, meskipun Teheran mengatakan bahwa konfirmasi atas laporan tersebut memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kompleks Amir al-Momenin di Isfahan menjadi target serangan yang gagal oleh sebuah pesawat tak berawak kecil yang digagalkan oleh sistem pertahanan," kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim, melaporkan, menambahkan upaya tersebut tidak menyebabkan kerusakan, melansir The National News 5 April.

Namun, Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengatakan "Untuk saat ini, saya belum dapat mengonfirmasi hal ini karena masih perlu investigasi lebih lanjut," ketika ditanyai oleh media Iran mengenai laporan tersebut dalam sebuah konferensi pers.

Laporan ini muncul beberapa hari setelah serangan udara Israel di Suriah menghantam target-target yang terkait dengan Iran, menewaskan setidaknya dua anggota Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) yang bertugas sebagai penasihat militer di Suriah.

Pada Bulan Januari, sebuah pusat industri Kementerian Pertahanan juga menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak, yang menurut Iran tidak berhasil dan dilakukan oleh "tentara bayaran rezim Zionis".

Diketahui, Teheran biasanya menyalahkan musuh bebuyutannya, Israel, atas serangan-serangan semacam itu di masa lalu, termasuk serangan pesawat tak berawak terhadap sebuah pabrik militer di dekat Isfahan pada Bulan Januari.

Israel sendiri tidak mengonfirmasi atau menyangkal bertanggung jawab atas serangan-serangan tersebut.