Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Hari Ini: 98 Kantong <i>Body Part</i> Korban dan 14 Potongan Pesawat
Serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang dikumpulkan di posko utama JICT2 Tanjung Priok Jakarta (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyebut pencarian tim SAR gabungan pada hari keenam berjalan lancar denganncuaca yang cukup baik.

"Saya melaporkan hasil operasi SAR gabungan pada hari ini yang telah dilaksanakan. Cuaca hari ini cukup bagus dan operasi SAR berjalan dengan lancar," kata Bagus di Posko Terpadu JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 14 Januari.

Berdasarkan data yang tercatat pukul 20.00 WIB, ada tambahan 98 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban. Sedangkan, serpihan pesawat yang berukuran kecil bertambah 9, dan serpihan besar pesawat bertambah 5.

Sehingga, total temuan tim SAR sampai hari keenam sebanyak 239 kantong jenazah berisi bagian tubuh atau body parts. Kemudian, material pesawat sebanyak 73, dengan rincian 40 kantong kecil yang berisi serpihan pesawat dan 33 potongan besar pesawat.

"Lalu, black box FDR (flight data recorder) juga sudah ditemukan pada Selasa, 12 Januari sebelumnya,” ujar Bagus.

Sedangkan dalam pencarian esok hari, operasi SAR tetap di area yang sama untuk pencarian evakuasi korban sebagai prioritas dan serpihan-serpihan material dari pesawat.

Sementara, terhadap pencarian black box berjenis cockpit voice recorder (CVR) yang belum ditemukan, tim SAR akan memperkecil area pencarian. Sebab, kata Bagus, pihaknya telah memetakan area yang dimungkinkan menjadi lokasi CVR berada.

"Proses untuk operasi tetap berlangsung dengan fokus evakuasi korban, dan tentu saja masih melaksanakan operasi pencarian CVR, dan partikel atau badan pesawat yang di lokasi," ungkap dia.