Ernie Torondek Istri Rafael Alun Bakal Dipanggil KPK
Rafael Alun Trisambodo, eks pejabat eselon III Ditjen Pajak Kemenkeu usai diperiksa di Gedung KPK Jakarta. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpeluang memanggil istri eks pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun, Ernie Torondek. Keterangannya mungkin dibutuhkan untuk membuat terang dugaan gratifikasi yang menjerat suaminya.

"Kemarin dalam proses penyelidikan saja kan dipanggil, pasti nanti berikutnya (dipanggil, red)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Maret.

Hanya saja, Ali belum mau bicara soal kemungkinan pemanggilan itu. Nantinya, penyidik yang berwenang menentukan.

"Kan Kan semuanya butuh waktu untuk dilakukan analisis dulu, fakta-fakta mana yang dibutuhkan keterangan misalnya," tegasnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Rafael Alun jadi tersangka. Dia diduga menerima gratifikasi sejak 2011-2023 terkait pemeriksaan pajak.

Penetapan ini dilakukan komisi antirasuah setelah mereka menyelidiki harta jumbo milik Rafael Alun yang terbongkar setelah anaknya, Mario Dandy menganiaya pelajar berusia 17 tahun, David. Diduga ada permainan dibalik kepemilikan kekayaan sebesar Rp56 miliar.

Dalam upaya penyelidikan ini, penyelidik sudah meminta keterangan dari Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Jakarta Timur (Jaktim) Wahono Saputro. Pemanggilan ini dilakukan karena istrinya diduga punya saham di perusahaan milik istri Rafael, Erni Torondek.

Selain itu, penyelidik juga menelisik terkait temuan safe deposit box milik Rafael yang di dalamnya terdapat duit miliaran. Temuan yang sudah diblokir oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) itu diduga berasal dari penerimaan suap