Dugaan Korupsi Ben Brahim S, KPK Geledah Kantor Bupati Kapuas Hari Ini
Sejumlah petugas KPK menggeledah beberapa ruangan di Kantor Bupati Kapuas, Selasa (28/3/2023). ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergerak mengusut dugaan suap dan pemotongan pegawai negeri di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kantor Bupati Kapuas hari ini, Selasa, 28 Maret digeledah penyidik untuk mencari bukti.

"Tim penyidik melakukan penggeledahan di Kabupaten Kapuas, Kalteng. Antara lain kantor bupati," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Maret.

Belum dirinci temuan yang didapat penyidik dalam giat penindakan itu. Ali menyebut temuan baru disampaikan saat proses itu selesai.

"Kegiatan masih berlangsung. Perkembangan akan disampaikan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat dan anggota DPR RI Ary Egahni sebagai tersangka. Keduanya diduga memotong pembayaran pegawai negeri di Kapuas, Kalimantan Tengah dan menerima suap dari pihak lain.

Dalam memotong pembayaran pegawai negeri, modus yang digunakan adalah menyebut ada utang yang harus dibayarkan. Padahal, hal itu tidak pernah terjadi.

Sedangkan dalam penerimaan suap, KPK belum memerinci lebih lanjut. Proses pemeriksaan masih dilakukan untuk mencari tahu siapa saja pihak pemberinya.