Amankan Diri dan Sesama di Ruang Digital
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bakti KOMINFO mengadakan webinar nasional dengan tema “Amankan Diri dan Sesama di Ruang Digital” pada Jumat 17 Maret.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia khususnya daerah Kabupaten Lampung. Sasaran dan target peserta dari seminar ini yaitu para milenial, pelaku usaha, dan juga orang tua agar masyarakat tau bagaimana cara untuk mengamankan diri dan sesama di ruang digital dapat tersebar secara merata.

Seminar ini dipandu oleh Adli Ibrahim selaku moderator dan diisi oleh tiga narasumber dengan memaparkan tema yang sama.

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan penampilan hiburan. Kemudian dilanjut dengan tiga pemaparan materi seminar dengan durasi 30 menit, Diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Materi pertama disampaikan oleh Mukhlis Basri selaku anggota Komisi I DPR Republik Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dan berpesan betapa pentingnya generasi milenial, pelaku bisnis, dan orang tua untuk mengetahui bagaimana caranya untuk bisa menjaga diri dan lebih hati hati di ruang digital, walaupun era digital saat ini memiliki banyak manfaat, namun masih banyak oknum-oknum yang dengan sengaja memanfaatkan kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan.

Materi kedua disampaikan oleh  Ismail Cawidu selaku Staff Dosen UIN Jakarta. Di dalam pemaparan materinya, beliau memaparkan banyak data secara detail berkaitan dengan bahaya di ruang dan bagaimana caranya agar bisa menjaga diri di ruang digital.

Materi terakhir disampaikan oleh Darmawan Purba, praktisi literasi digital. Dalam pemaparan materinya, beliau menjelaskan di era digital saat ini, sangat memiliki banyak manfaat, akan tetapi tindak kejahatan tidak kalah banyak di dalam ruang digital, dan beliau menjelaskan cara agar bisa menjaga diri di ruang digital.