Pentingnya Amankan Diri Sendiri dan Sesama di Ruang Digital
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - A. Rizki Sadig selaku Anggota komisi I DPR RI menyampaikan pentingnya bijak dalam dunia digital. Pasalnya menurut dia, manusia sangat membutuhkan dunia digital dalam kehidupan sehari-hari.

"Dunia digital sangat kita butuhkan dalam sehari hari, dari hal yang paling mudah hingga hal yang paling sulit, hal itu membuktikan begitu besarnya peran dunia digital pada masa sekarang, sebagaimana kita harus melek digital, walaupunmungkin saja dari kita banyak yang gaptek atau kurang mengenal digital, mulailah dari sekarang," kata Rizki Sadig saat berbicara di webinar bertajuk "Amankan diri dan sesama di Ruang Digital" yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Mei.

Di sisi lain, lanjut Rizki Sadig, masing-masing manusia juga harus tetap menjaga diri dan keluarga di dunia digital.

"Bagaimana kita harus menggunakan digital dengan sebijak bijaknya, jangan sampai kita dunia digital menjadi boomerang bagi diri kita sendiri, terutama ketika kita menggunakan digital tidak dengan semestinya," imbuhnya.

Adapun Gun Gun Siswadi, selaku akademisi Universitas Esa Unggul mengatakan, dunia digital di berkembang semakin pesat dari tahun ke tahun, sehingga setiap aspek masyarakat mesti memanfaatkannya dengan baik.

"Dibutuhkan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam literasi digital tersebut, dan kapasitas anggota masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital untuk kehidupan sehari-hari," tuturnya.