Bakti Kominfo Adakan Seminar Bertemakan ‘Generasi Milenial Cakap Digital’
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bakti KOMINFO mengadakan webinar nasional dengan tema “Generasi Milenial Cakap Digital”, Selasa 14 Maret. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia khususnya daerah Kabupaten Lampung.

Sasaran dan target peserta dari seminar ini yaitu para milenial, guru, dan juga orang tua agar urgensi dari diciptakannya cakap digital dapat tersebar secara merata. Seminar ini dipandu oleh Viria Annisa selaku moderator dan diisi oleh tiga narasumber dengan memaparkan tema yang sama.

​Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan penampilan hiburan. Kemudian dilanjut dengan tiga pemaparan materi seminar dengan durasi 60 menit, Diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

​Materi pertama disampaikan oleh Mukhlis Basri selaku anggota Komisi I DPR Republik Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dan berpesan betapa pentingnya generasi milenial untuk mempelajari dan berkecimpung di dunia digital, mengingat banyaknya keuntungan dan manfaat yang dapat diperoleh.

Beliau juga mengingatkan bahwa dengan segala kemudahan yang bisa didapat generasi milenial dari internet, kita tidak boleh sampai terlena dan lengah. Karena faktanya, banyak sekali tantangan digital yang akan kita hadapi. Oleh karena itu cakap digital harus menjadi pondasi utama untuk mengarungi dunia digital ini.

​Materi kedua disampaikan oleh Ahmad Ali Akbar selaku anggota DPR Kabupaten Lampung. Di dalam pemaparan materinya, beliau memaparkan banyak data secara detail berkaitan dengan jumlah populasi pengguna internet di Indonesia.

Beliau menerangkan bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia. Hal ini bisa menjadi kabar baik sekaligus buruk bagi para milenial.

​Materi terakhir disampaikan oleh Woro Indah Widiastuti, selaku Wakil Ketua Bidang Komunikasi, Advokasi, dan Informasi daerah pramuka DKI Jakarta. Dalam pemaparan materinya, beliau menjelaskan secara rinci apa aitu BAKTI KOMINFO, apa fungsi dan urgensi nya, dan apa kaitannya dengan dunia digital.

Beliau juga menekankan bahwa adanya transformasi digital ini sangat banyak membawa keuntungan bagi negara. Di akhir, beliau berpesan kepada anak milenial untuk terus berperan aktif di ranah digital namun tetap berlandaskan norma etika dan moral.