Bagikan:

TANGERANG – Penting bagi generasi muda memiliki kepedulian terhadap satwa dilindungi agar bisa melestarikan hewan-hewan yang terancam punah. Karena itu, guna menumbuhkan sifat peduli terhadap satwa, Yayasan Kehati bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari, Orangutan Information Centre (OIC) menggelar Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli 2023 ke beberapa universitas.

Salah satu kampus yang telah dikunjungi adalah Universitas Sumatera Utara dan IPB hingga ke-3 Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang berbasis di bidang teknologi komunikasi dan informasi, dan kewirausahaan.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Universitas Multimedia Nusantara pada kampanye peduli orangutan Tapanuli kali ini,” kata Direktur Eksekutif Yayasan Kehati Riki Frindos dalam keterangannya, Rabu, 22 Maret.

Riki menilai untuk generasi muda, baginya, penting untuk peduli dengan satwa di Indonesia dari berbagai lintas keilmuan dan jurusan.

“Pengetahuan dan kemauan untuk terlibat pada konservasi satwa di Indonesia harus dimiliki oleh seluruh generasi muda dari berbagi lintas keilmuan dan jurusan,” ucapnya.

“Tentunya mahasiswa UMN dapat berbuat banyak melalui kampanye digital dan program kewirausaan berkelanjutan,” ucapnya.

Ditambahkan, Deputy Head of Communication Science Department Irwan Fakhruddin. Ia mengatakan bahwa kegiatan yang didukung The Body Shop Indonesia itu memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa UMN.

Sehingga mahasiswa ke depannya diharapkan dapat terlibat aktif dalam kampanye pelestarian orangutan Tapanuli dan satwa lainnya di Indonesia.

"Tantangan sesungguhnya adalah bagaimana membumikan pesan terkait konservasi terutama kepada khalayak sasaran Gen Z. Pesan ini harus dikemas dalam bahasa sederhana, membumi, relate dengan Gen Z dan memberikan sensasi "eksperiental" yang akan membuat mereka dengan sendirinya ikut ambil bagian dalam kampanye yang dijalankan," jelas

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa Science Communications menjadi kompetensi yang harus dimiliki dan menjadi kerangka dalam mengomunikasikan pesan-pesan saintifik. Salah satunya pada program pelestarian orangutan Tapanuli.

“Kegiatan roadshow ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UMN dan menjadi langkah awal dalam mengambil peran sebagai pemecah masalah yang dapat memberikan dampak untuk kebaikan,” ucapnya.