Bobby Nasution Pastikan Harga Bahan Pokok di Medan Stabil
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kanan) sedang berdialog dengan pedagang telur ayam broiler di Pasar Sukaramai, Medan, Sumut, Jumat (17/3/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan.

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan sejumlah harga bahan pokok di Medan, Sumatera Utara (Sumut) masih relatif stabil menjelang bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi.

"Komoditas bahan pangan relatif stabil, misalnya cabai merah dan daging. Namun harga telur terjadi kenaikan hingga Rp100 per butir," kata Bobby dilansir ANTARA, Jumat, 17 Maret.

Dia menyebut kenaikan harga telur ayam broiler dari Rp1.500 menjadi Rp1.600/butir, dan beras yang sedikit mengalami kenaikan akibat pasokan berkurang.

Secara umum pedagang di pasar berharap, baik pasokan maupun harga bahan pokok stabil khususnya selama Ramadhan tahun ini.

"Langkah yang paling utama kita lakukan adalah pemenuhan pasokan. Tapi terjadi paceklik, tentu sangat mempengaruhi harga di pasaran," kata dia.

Bobby Nasution mengungkapkan Pemkot Medan akan menambah kerja sama dengan daerah penghasil di Sumut atas kenaikan harga komoditas pangan tersebut.

"Untuk telur, kami bekerjasama dengan beberapa daerah lain di Sumut. Kalau misalnya di daerah A belum panen, kami bisa ambil dari daerah B," ujar Bobby.

Wali Kota juga mengaku sempat berbincang langsung dengan sejumlah pedagang di Pasar Sukaramai terkait harga bahan pokok saat ini.

Andi, pedagang daging sapi mengaku hingga saat ini harga daging sapi masih relatif normal dan tidak terjadi kenaikan.

"Harga normal saja di harga Rp130.000 per kg, tidak ada kenaikan," katanya pula.

Siti, pedagang hortikultura mengatakan untuk harga cabai merah di harga Rp28.000/kg, dan cabai hijau seharga Rp20.000/kg.

Sedangkan bawang merah Rp28.000/kg, dan bawang putih Rp28.000/kg. "Rata-rata harganya masih normal, tidak ada kenaikan," ujarnya lagi.