Didampingi Gubsu Edy dan Wali Kota Bobby, Mendag Lutfi Pastikan Stok Bahan Pokok Mencukupi di Sumatera Utara
Menteri Perdagangan, M. Lutfi. (Foto: Dok. Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan harga barang kebutuhan pokok (bapok) stabil dan terjangkau di wilayah Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Mendag Lutfi usai meninjau Pasar Rakyat Jawa Belawan Kota Medan dan Pasar Induk Medan Metro yang didampingi oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, serta Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Kunjungan ini untuk memastikan ketersedian pasokan dan stabilitas harga bapok pada Ramadan menjelang Lebaran. Mudah-mudahan hal ini menjadi bekal dalam menghadapi puasa dan lebaran supaya lebih khusyuk dalam beribadah,” ujar dalam keterangan seperti yang dikutip pada Senin, 3 Mei.

Menurut Mendag, kunjungan ini sekaligus untuk melihat revitalisasi pasar Jawa Belawan yang kini lebih baik, tidak banjir, dan masyarakat dapat berbelanja dengan tenang.

“Kemendag akan menyiapkan pasar rakyat yang dapat bersaing dengan pasar modern supaya meningkatkan pendapatan penjual dan kenyamanan pembeli. Diharapkan revitalisasi ini dapat dilaksanakan segera,” tuturnya.

Pantauan di Pasar Jawa Belawan menunjukkan  beberapa komoditas pokok seperti beras, gula pasir, tepung terigu, dan minyak goreng berada dalam rentang harga yang normal. Sementara di dan Pasar Induk Medan Metro harga komoditas hortikultura seperti cabai, bawang, dan kentang lokal masih tergolong wajar dari sisi harga.

“Kemendag bekerja sama dengan pemerintah daerah akan berusaha menggerakan perekonomian. Salah satunya dengan menjaga dengan stabilitas harga bapok agar dapat dijangkau daya beli masyarakat, terutama dalam pandemi COVID-19,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menyampaikan pihaknya terus memantau harga dan pasokan bahan pokok secara nasional. Selain itu, Kemendag juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan pengusaha setempat agar harga dan pasokan tetap stabil.

“Secara umum, pasokan bapok cukup dan harganya stabil,” imbuh Syailendra.