Bareng Prabowo Cek Harga di Pasar Tabalong Kalsel, Jokowi: Harga Cabai dan Bawang Baik Jelang Ramadan
Jokowi usai mengecek langsung harga-harga barang di Pasar Rakyat Tabalong, Kalsel pada Jumat 17 Maret 2023. (ANTARA-tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung harga-harga barang di Pasar Rakyat Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kita cek harga-harga. Saya kira kondisinya semua baik tadi, cabai (harganya) baik, bawang merah (harganya) baik, kita lihat semuanya harganya baik menjelang Ramadan," kata Jokowi di Pasar Rakyat Tabalong, Kabupaten Tabalong, Kalsel, Jumat 17 Maret, disitat Antara.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pengecekan harga tersebut Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat terkait lainnya.

Kehadiran Prabowo Subianto menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin karena diundang panitia ke acara.

Saat ditanya mengenai kesan kunjungan ke kabupaten Tabalong untuk pertama kalinya, Presiden Jokowi menyebut warga Tabalong ramah.

"He he he, ya masyarakatnya ramah-ramah, kotanya juga sebagai sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan juga baik," tuturnya.

Presiden berharap Tabalong dapat berkembang seiring dengan perpindahan ibu kota ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Nanti kalau sudah (pindah ibu kota), ya kita harapkan kalau sudah IKN selesai bisa menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar IKN, termasuk di Tabalong kita harapkan ya," ungkap Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar di Komplek Pendopo Bersinar Tabalong.

Di lokasi tersebut, Presiden mengajak warga Tabalong mendukung pembangunan IKN Nusantara.

"Saya mengajak kita semua untuk berdoa, berikhtiar, dan bekerja keras dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan pembangunan IKN, sebagai pintu gerbang percepatan pembangunan di Kalimantan, dan memohon rida Allah SWT untuk membimbing dan memudahkan langkah kita," kata Presiden dalam Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar.

Jokowi menjelaskan pembangunan IKN merupakan upaya pemerataan agar perekonomian tidak hanya bersifat jawa sentris, namun berubah menjadi indonesia sentris.

Setelah mengecek harga di Pasar Rakyat Tabalong, Presiden akan meninjau sekaligus meresmikan Jalan Nan Serunai, Kabupaten Tabalong.

Usai peresmian, Presiden dan rombongan akan kembali menuju Kota Banjarbaru dengan menggunakan Pesawat ATR Pelita Air melalui Bandar Udara Warukin. Di Kota Banjarbaru, Presiden terlebih dahulu melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Al Munawarrah, Kota Banjarbaru, untuk kemudian meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula, Kota Banjarbaru.

Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada sore hari melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.