Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mewaspadai kenaikan harga sejumlah komoditas bahan pangan jelang bulan suci Ramadan mendatang. Kata dia, biasanya jelang bulan puasa harga bahan pangan yang naik yaitu telur, cabai hingga bawang.

Sebagai informasi, Bulan Suci Ramadan tahun ini diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. Artinya, kurang lebih dua bulan lagi Hari Raya Umat Islam itu berlangsung.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan, untuk telur, biasanya kenaikan harga terjadi karena permintaan yang tinggi.

Di sisi lain, kata Zulhas, produksi telur memang tidak bisa sekaligus banyak.

“Biasanya telur, kan telur enggak bisa dua (menetasnya). Kalau telur butuhnya dua sehari, telurnya tetap satu kan gitu (menetasnya),” katanya ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa, 10 Januari.

Sementara, kata Zulhas, kenaikan harga cabai dan bawang, biasanya terjadi karena faktor cuaca buruk.

“Sama cabai, takut cuaca sama bawang,” ucapnya.

Kata Zulhas, untuk mengantisipasi lonjakan harga dan minimnya pasokan jelang dan saat bulan puasa, Kementerian Perdagangan akan menyiapkan subsidi transportasi atau logistik.

Namun, sambung Zulhas, produksi dalam negeri masih akan stabil.

“Kalau produksi kan stabil. Justru kalau kebutuhan cepat, harga tinggi itu pemerintah siapkan subsidi untuk transportasi dan harga,” tutur Zulhas.