11 RT di Jakarta Terendam Banjir Hingga 75 Cm Pagi Ini
Ilustrasi warga terdampak banjir. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 11 RT di Jakarta Timur terendam banjir hingga 75 sentimeter atau cm per 09.00 WIB hari ini Selasa 14 Maret.

Banjir pagi ini terjadi usai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah DKI Jakarta sejak Senin, 13 Maret malam. Hujan deras semalam juga menyebabkan kenaikan status siaga Pos Pantau Depok dan Pintu Air Manggarai menjadi Siaga 3 (Waspada).

Selain itu, 1 ruas jalan tergenang, yakni di Jalan Mangga Raya, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter.

"BPBD mencatat genangan terjadi di 1 ruas jalan tergenang dan 11 RT atau 0,036 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Senin, 14 Maret.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ungkap dia.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ringan merata di seluruh wilayah DKI Jakarta pada sore dan malam hari ini.

Berikut adalah rincian 11 RT yang terendam banjir pagi ini:

1. Kelurahan Kampung Melayu

- Jumlah: 10 RT

- Ketinggian: 20 cm sampai 75 cm

- Penyebab: luapan Kali Ciliwung

2. Kelurahan Bidara Cina

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 35 cm

- Penyebab: luapan Kali Ciliwung