Pimpinan DPR Minta Anggota Dewan Fokus Tata Ulang Depo Pertamina Plumpang dan Dampak Cuaca Ekstrem
Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus saat memimpin rapat paripurna. (Nailin-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus menyampaikan sejumlah isu yang menjadi perhatian anggota dewan pada masa persidangan IV tahun sidang 2022-2023.

Lodewijk menyampaikannya dalam pidato pembukaan masa sidang IV DPR tahun 2022-2023 yang dilaksanakan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Maret. Legislator Partai Golkar itu mewakilkan Ketua PDR Puan Maharani yang tidak hadir.

"DPR RI meminta untuk segera mengevaluasi dan menata ulang depo Pertamina Plumpang serta mengharapkan kejadian ini menjadi pelajaran berharga dan tidak boleh berulang kembali," ujar Lodewijk.

Pimpinan DPR juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Termasuk mengantisipasi terjadinya genangan dan pohon tumbang akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Jabodetabek.

"Sesuai info dari BMKG saat ini Jakarta masih berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan sedang dan hujan lebat yang dapat diserap petir dan angin kencang. Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat mengantisipasi dan tetap berhati-hati terhadap kemungkinan adanya banjir setempat genangan air pohon tumbang dan lain-lain," kata Lodewijk.

Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR, anggota yang hadir secara fisik sebanyak 49 orang, hadir secara virtual 222 orang, izin 20 orang sehingga total ada 291 dari 575 anggota dewan dari seluruh fraksi yang ada di DPR RI.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, perkenankan kami selaku pimpinan dewan membuka rapat paripurna DPR ke-18 masa persidangan IV tahun sidang 2022-2023 hari ini, Selasa, tanggal 14 Maret 2023," kata Lodewijk.