Basarnas Latih Pertolongan Air 50 Orang Dukung Sail Teluk Cenderawasih 2023
Hiu sebagai satwa yang dilindungi potensi wisata alam di Papua. (nabirekab.go.id)

Bagikan:

JAYAPURA - Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC) akan digelar pada 1-7 November. Basarnas Biak Numfor telah mempersiapkan personelnya untuk mendukung acara yang berlangsung di Papua dan Papua Barat itu.

Kepala Basarnas Biak, Aris Sofingi mengatakan untuk mendampah tenaga unntuk pencegahan kecelakaan selama acara digelar pihaknya memberikan pelatihan pertolongan air kepada 50 orang di Biak hari ini, Senin 13 Maret

"Pelatihan potensi SAR untuk penyelamatan kecelakaan di atas air diharapkan dapat menjadi bekal untuk membantu penanganan bencana saat STC 2023," ujarnya, Senin 13 Maret, disitat Antara.

Dia menjelaskan, dari 50 peserta yang diberikan pelatihan penanganan korban bencana di air, kata dia, berasal dari berbagai potensi SAR seperti Pemkab Biak Numfor, BPBD, Satuan TNI/Polri, Tagana, Bankom RAPI/Orari, serta relawan dari unsur masyarakat.

Aris menyebut pelatihan penanganan bencana korban di atas air selama tujuh hari dimulai sejak 13 Maret hingga 19 Maret 2023. Sedangkan materi pelajaran yang diberikan terdiri dari materi teori dan praktik lapangan, yang dibimbing instruktur SAR Kelas A Biak dan Basarnas Jakarta.

Sementara itu Asisten II Sekda Biak Numfor Lot Yensenem berharap dengan diberikan pelatihan penanganan bencana korban di atas air bisa menjadi bekal dalam menghadapi kegiatan pariwisata Sail Teluk Cenderawasih yang akan digelar pada November 2023.

"Pemkab Biak Numfor memberikan dukungan dan apresiasi atas kesiapan SAR kelas A Biak menyiapkan tenaga pencarian dan pertolongan untuk menghadapi STC 2023," harap Lot Yensenem.

Pelatihan penanganan bencana korban di atas air dibuka Asisten II Sekda Lot Yensenem bersama Kakansar Biak Aris Sofingi dengan menabuh Tifa.