Pemkab Biak Dapat Dana Otsus Papua Rp150 Miliar
ILUSTRASI/Gedung dua lantai SD Inpres Mandala Biak Kota yang dibangun dari dana Otsus Papua tahun 2022. ANTARA/Muhsidin.

Bagikan:

BIAK - Kabupaten Biak Numfor, Papua mendapat pembagian dana Otonomi Khusus Papua (Otsus) tahun 2023 mengalami peningkatan menjadi Rp150 miliar.

"Untuk alokasi dana Otsus Kabupaten Biak Numfor tahun 2023 ada peningkatan dibanding 2022 sebesar Rp125 miliar," ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Gunadi dilansir ANTARA, Senin, 6 Februari.

Gunadi mengatakan, dana Otsus Papua untuk Kabupaten Biak Numfor sudah diakomodasikan pada dokumen APBD 2023.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan, pembagian dana Otsus Papua setelah ditransfer langsung pemerintah pusat ke kas daerah Pemkab Biak Numfor terjadi peningkatan tahun ini.

"Peningkatan dana otsus akan dimanfaatkan untuk membiayai program khusus orang asli Papua di berbagai kampung dan distrik pada 2023 di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar, pemberdayaan ekonomi masyarakat, perempuan anak, seni adat budaya serta program lainnya terkait kesejahteraan orang asli Papua," ujar Herry.

Bupati Herry mengharapkan, dukungan DPRD untuk pelaksanaan program rencana kerja pemerintah daerah 2023 Pemkab Biak Numfor melalui dokumen kebijakan umum anggaran, platform prioritas anggaran sementara dan materi RAPBD 2023.

Apalagi di tahun 2023, menurut bupati, Kabupaten Biak Numfor akan menyelenggarakan program nasional Sail Teluk Cenderawasih yang melibatkan empat kabupaten se-kawasan Saereri.

"Sail Teluk Cenderawasih 2023 sudah dilaunching dengan mengangkat potensi perikanan dan pariwisata yang bisa menarik kunjungan wisatawan ke Biak Numfor," ujarnya.

Dengan potensi perikanan, Biak Numfor akan diminati investor untuk berinvestasi guna membuka peluang kerja bagi masyarakat orang asli Papua di berbagai kampung dan distrik.

Bupati Herry mengajak jajaran anggota DPRD Biak Numfor untuk mengawal program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbagai kampung dan distrik/kecamatan setempat.

"Mari kita terus-menerus memberikan dukungan penuh terhadap berbagai program strategis pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat OAP berbagai kampung dan distrik," kata Bupati Herry.

Dari data pada 2023, dana Otsus Papua digunakan untuk membangun fasilitas infrastruktur dasar, pendidikan, kesehatan, perikanan, pariwisata, koperasi UKM, bantuan modal usaha, sarana prasarana keagamaan serta fasilitas pelayanan publik.