Dukung STC 2023 di Papua, Kominfo bakal Dukung Penyediaan Infrastruktur Digital
Wamenkominfo Nezar Patria (foto: dok. Humas Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 akan segera berlangsung pada November mendatang. Untuk mendukung even ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyiapkan empat jenis dukungan. 

Menurut apa yang disampaikan Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria empat dukungan itu adalah menyiapkan diseminasi informasi, penyediaan infrastruktur digital, monitoring spektrum frekuensi, dan pemantauan aktivitas di ruang digital untuk mencegah penyebaran hoaks dan disinformasi.

“Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang bisa kita lakukan adalah amplifikasi dengan perangkat yang sudah dimiliki. Kemudian untuk dukungan teknis menggunakan seluruh perangkat yang dimiliki oleh Kominfo untuk berkonsentrasi demi suksesnya acara Sail Teluk Cendrawasih,” ujar Wamenkominfo dalam pernyataan di situs resmi Kominfo.

Nezar mengatakan STC 2023 akan menjadi panggung bagi Papua untuk menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan dalam membangun daerah melalui kolaborasi pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, sektor swasta hingga masyarakat. 

Tidak hanya itu, Wamenkominfo itu juga menyebutkan bahwa Sail Teluk Cenderawasih ini juga akan mengangkat produk UMKM lokal, serta adat dan budaya Papua.

Dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan STC yang berlangsung mulai 1 - 7 November 2023, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan mitra penyelenggara layanan telekomunikasi seluler dalam penyediaan infrastruktur digital berupa jaringan telekomunikasi.

Selain itu, pengawasan dan pengamanan penggunaan spektrum frekuensi radio di sekitar lokasi acara juga akan dilakukan. Menurut Wamen Nezar Patria, hal itu dilakukan agar dapat meminimalkan potensi gangguan frekuensi, terutama penerbangan.

“Kita akan melakukan monitoring frekuensi, pemantauan teknis untuk mencegah terjadinya gangguan spektrum frekuensi yang bisa mengganggu penerbangan di seputar lokasi acara puncak STC,” jelasnya.