Petugas Bea Cukai Temukan Batangan Emas yang Disembunyikan di Toilet Pesawat
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Kotivalo)

Bagikan:

JAKARTA - Batangan emas yang dibungkus selotip dan disembunyikan di bawah wastafel toilet pesawat, ditemukan dalam penerbangan dari Dubai ke India.

Petugas bea cukai di Bandara Internasional Indira Gandhi di Delhi bergegas bertindak, setelah ada informasi untuk memeriksa kamar kecil pesawat pada saat kedatangan pada Hari Minggu, melansir The National News 7 Maret.

Sebuah video menunjukkan petugas bea cukai menggeledah rongga wastafel di toilet dan menemukan empat batangan emas yang tersimpan di dalamnya.

Kendati demikian, pihak otoritas India tidak menyebutkan nama maskapai penerbangan di mana emas batangan tersebut ditemukan.

Diketahui, emas adalah komoditas perdagangan nomor satu di Dubai, dengan penumpang maskapai sering ditemukan mencoba membawanya ke India tanpa membayar biaya bea cukai untuk impor barang berharga.

Meskipun tidak ada batasan jumlah emas yang dapat diekspor dari Uni Emirat Arab bebas pajak, India menerapkan pungutan sebesar 10,75 persen dari nilai yang dibawa ke negara tersebut.

Terpisah, petugas dari Komisaris Bea Cukai Ludhiana yang bekerja di Bandara Internasional Chandigarh menyita 18 batang emas murni, masing-masing seberat 1 kg senilai sekitar 2,5 juta dolar AS pada tanggal 3 Maret.

Batangan yang ditandai sebagai "Etihad Gold Dubai UAE", dikemas ke dalam tas tangan penumpang dalam penerbangan IndiGo dari Dubai.

Seorang berusia 30 tahun diidentifikasi di Bandara Internasional Shaheed Bhagat Singh oleh Advance Passenger Information System, pertukaran data elektronik yang didirikan oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS untuk meningkatkan keamanan maskapai.

Pihak berwenang melakukan beberapa penggerebekan akibat penyitaan di seluruh India, termasuk Khanna di Punjab.