Paus Fransiskus Sebut Kesempatan yang Sama Bagi Wanita Kunci Dunia Lebih Baik
Paus Fransiskus. (Wikimedia Commons/Xonn)

Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus pada Hari Rabu mengecam kekerasan dan prasangka terhadap perempuan, mengatakan memberikan penghasilan dan peluang yang sama dapat membantu menciptakan dunia yang lebih damai, karena survei baru wanita Katolik menunjukkan banyak yang merasa gereja mendiskriminasi mereka.

Dalam sebuah kata pengantar buku yang diterbitkan oleh situs web Vatikan pada Hari Perempuan Internasional, Paus Fransiskus menekankan perbedaan antara pria dan wanita, tetapi menyerukan "kesetaraan dalam keragaman" pada "lapangan bermain yang terbuka untuk semua pemain."

"Saya suka berpikir, jika wanita dapat menikmati kesetaraan peluang penuh, mereka dapat berkontribusi secara substansial terhadap perubahan yang diperlukan terhadap perdamaian dunia, inklusi, solidaritas dan keberlanjutan integral," kata Paus Fransiskus, melansir Reuters 8 Maret.

Paus Fransiskus mengutuk diskriminasi terhadap perempuan di masa lalu, tetapi, seperti para pendahulunya, ia telah mengesampingkan imamat wanita. Gereja Katolik mengajarkan bahwa hanya pria yang bisa menjadi imam karena Yesus memilih pria sebagai rasul-Nya.

Sebuah survei yang dirilis pada Hari Rabu oleh University of Newcastle di Australia menunjukkan, hampir 80 persen dari lebih dari 17.000 responden wanita Katolik mengatakan, wanita harus dimasukkan di semua tingkat kepemimpinan gereja.

Survei, yang disajikan di Vatikan, menunjukkan bahwa dua pertiga atau 68 persen dari responden sangat setuju atau setuju, bahwa perempuan harus memenuhi syarat untuk ditahbiskan menjadi imamat.

Ada dukungan mayoritas untuk imamat wanita di semua 104 negara yang disurvei, kecuali Polandia dan Afrika Selatan.

Diketahui, Paus Fransiskus telah menunjuk lebih banyak wanita untuk peran manajerial sejak ia menjadi Paus, mengatakan tahun lalu bahwa "setiap kali seorang wanita diberi posisi (tanggung jawab) di Vatikan, segalanya membaik."

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, Vatikan mengeluarkan angka -angka yang menunjukkan bahwa 1.165 wanita sekarang bekerja di sana, sekitar 320 lebih banyak dari 10 tahun yang lalu ketika Paus Fransiskus terpilih.

Tahun lalu, ia memilih tiga wanita untuk komite yang sebelumnya hanya diisi oleh laki-laki, untuk memberinya masukan dalam memilih uskup dunia.

Pada tahun 2021, ia memilih biarawati Italia Raffaella Petrini ke posisi nomor dua di pemerintahan, menjadikannya wanita berpangkat tertinggi di negara bagian terkecil di dunia.

Dalam kata pengantar buku berjudul: 'More Women's Leadership for A Better World', Paus Fransiskus memuji perbedaan antara pria dan wanita.

"Mereka lebih penuh perhatian untuk melindungi lingkungan, tatapan mereka tidak beralih ke masa lalu tetapi ke masa depan," sebutnya.

Paus mengatakan, wanita perlu mendapatkan remunerasi yang sama dengan pria untuk peran yang sama, menggambarkan kesenjangan gaji yang berkelanjutan sebagai "ketidakadilan yang serius."

Dia mengutuk "wabah" kekerasan terhadap perempuan, mengingat pidato yang dia berikan pada tahun 2021 ketika dia menyebutnya "luka terbuka yang diakibatkan oleh budaya penindasan patriarkis dan macho."