Tanggap Darurat Longsor di Pulau Serasan Natuna, Polda Kepri Terjunkan 112 Personel Tambahan
Foto via Antara.

Bagikan:

KEPRI - Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengirim sebanyak 112 orang personel tambahan untuk membantu evakuasi dan penanganan bencana longsor di Serasan Timur, Kabupaten Natuna.

"Polda Kepri mengirimkan personel tambahan sebanyak 112 personel dalam rangka evakuasi dan penanganan bencana alam tanah longsor di Serasan Timur, Kabupaten Natuna, hari ini,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt di Batam, Kepri, Selasa 7 Maret, disitat Antara.

Dia menjelaskan, ratusan personel Polda Kepri itu terdiri atas Satuan Brimob sebanyak 59 personel, Ditsamapta 31 personel, Bidokkes 8 personel, Inafis 3 personel, Bidpropam dan Bidhumas masing-masing dua personel.

"Sedangkan tujuh orang lainnya sudah terlebih dahulu diberangkatkan menuju lokasi menggunakan pesawat," tuturnya.

Dia menyebutkan, ratusan personel itu akan diberangkatkan dalam dua kloter dari Pelabuhan Roro Telaga Punggur ke Pelabuhan Tanjung Uban Natuna.

Kloter pertama diberangkatkan siang ini dan malam nanti menggunakan kapal dari PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero).

"Mereka diperkirakan sampai ke Serasan pada hari Kamis (9 Maret) sekitar pukul 17.00 WIB," ucapnya.

Untuk logistik yang dibawa personel berupa logistik bantuan sosial untuk korban bencana tanah longsor, bekal personel, peralatan evakuasi seperti kantong jenazah, cangkul, sekop, tempat tidur lapangan, serta peralatan SAR lainnya.

"Kami juga membawa kendaraan bermotor R2 Brimob sebanyak 14 unit serta obat-obatan," katanya.

Harry menambahkan, informasi yang diterima menyebutkan longsor di Pulau Serasan telah memakan korban sebanyak enam jiwa meninggal dunia.

Korban selamat serta dirawat sebanyak tiga orang, sementara puluhan orang dikabarkan masih dalam pencarian.

"Kemungkinan korban jiwa akan bertambah, karena pada saat kejadian warga di lokasi sedang kerja bakti," ujar Harry.