Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 setelah mengelar rapat terbatas bersama Majelis Tinggi Partai (MTP) Partai Demokrat. 

Deklarasi hari ini mengukuhkan komitmen Partai Demokrat untuk mendukung Anies sebagai capres melalui pernyataan Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 26 Januari lalu. Pasalnya, keputusan hari ini sudah ditetapkan MTP Partai Demokrat yang berkekuatan hukum. 

"Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat (MTP) Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliau Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama, ini akan memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan kepada publik pada tanggal 26 Januari 2023," ujar AHY dalam konferensi pers di kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Maret.

Sekaligus melengkapi deklarasi resmi dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan. Setelah NasDem dan PKS menyatakan mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 beberapa waktu lalu. 

"Artinya ya sudah lengkap, sudah lengkap gabungan koalisi partai politik untuk perahu Koalisi Perubahan. Ini sebetulnya menyudahi kekuatan hukum, karena kami juga taat pada rule of law yang dimiliki oleh Partai Demokrat," kata AHY.

"Saya bisa merasakan getaran itu benar-benar kita rasakan, semoga apa yang disampaikan Bapak Anies Baswedan tadi bisa menguatkan tekad perjuangan kita semua. Bukan saja keluarga Partai Demokrat tapi juga tentunya keluarga besar Partai NasDem dan juga Partai Keadilan Sejahtera," sambungnya. 

Menurut AHY, kebutuhan rakyat hari ini adalah pemimpin yang memiliki niat baik dengan car-cara yang baik untuk menghadirkan tujuan besar yang juga baik. AHY yakin perahu koalisi bisa berlayar membawa kemenangan pada Pemilu 2024 serta membawa perubahan dan perbaikan bagi Indonesia. 

"You are the leader, you are the superstar, and you will command Koalisi Perubahan ini, sehingga berlayar dan tidak berlayarnya, seberapa jauh kita berlayar, dan seberapa cepat you will lead us all," katanya. 

"Pak Anies Baswedan akan membimbing kita, tapi kami siap memberikan dukungan penuh agar bukan hanya berlayar, tapi tiba di tujuan, bukan hanya selamat tapi juga menang dan membawa perubahan dan perbaikan bagi kita semua," pungkas AHY. 

Sebelumnya, Anies Baswedan menerima pencalonan dirinya sebagai Capres 2024. Dia menyatakan siap membawa amanah Partai Demokrat untuk membawa Indonesia menuju perubahan dan perbaikan di masa yang akan datang. 

"Izinkan kami menyampaikan, dengan rasa rendah hati dengan memohon izin ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kami menerima amanah besar ini, mengemban amanah besar ini, dan insya Allah kita siap untuk berjalan bersama-sama menuju perubahan dan perbaikan," ungkap Anies. 

Amanah besar tersebut, lanjut mantan gubernur DKI Jakarta itu, yakni untuk merawat konstitusi, merawat demokrasi, dan menuntaskan cita-cita reformasi. Serta amanah besar untuk menunaikan dan janji kemerdekaan utamanya untuk menghasilkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Sebuah amanah yang insya Allah akan terasa ringan bila kita kerjakan dan kita jalani bersama-sama di dalam perjalanan ke depan," kata Anies.