Lansia di Lembang Bandung Meninggal Setelah Makan Bistik
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan meninjau warga korban keracunan massal di RSUD Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023). (ANTARA)

Bagikan:

BANDUNG - Salah seorang warga lanjut usia (lansia) Tarmah (71) meninggal dunia diduga setelah makan hidangan hajatan bistik di di Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

kata Kepala Desa Wangunsari Diki Rohani menuturkan, sebelumnya terjadi keracunan massal juga setelah makan makanan hidangan hajatan sebuah keluarga pada Minggu 26 Februari.

Tarmah, kata Diki, meninggal dunia pada Rabu sekira pukul 07.58 WIB di kediamannya. Sebelumnya Tarmah pun dirawat di rumah sakit pada Selasa malam, tetapi dipulangkan berdasarkan keinginan pasien.

"Beliau menjelang malam ingin memaksa pulang dan atas permohonan dan persetujuan keluarga beliau diperbolehkan pulang dan bisa sampai ke rumah," kata Diki saat dihubungi ANTARA, Rabu 1 Maret.

Menurut Diki, Tarmah tidak hadir ke hajatan pada Minggu 26 Februari, di mana kasus keracunan itu bermula. Namun, kata dia, Tarmah mendapat makanan dari hajatan itu setelah diantarkan oleh penyelenggara hajatan ke kediamannya.

"Makanan yang dimakan kaya sup, rolade, dan bistik," katanya.

Diki mengatakan warganya yang meninggal itu memiliki riwayat hipertensi, dan sudah mengalami sakit sejak lama karena faktor usia.

Hingga hari ketiga setelah adanya hajatan yang menyebabkan keracunan massal, Diki mengatakan ada sebanyak 217 warganya yang dilaporkan mengalami gejala-gejala keracunan.

"Yang dirawat per hari ini tujuh orang, di RS Advent satu orang, RS Salamun dua orang, Puskesmas Jayagiri satu orang," kata dia.