Bagikan:

SULTRA - Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono ingin 11 kecamatan di Kota Kendari, seluruhnya memiliki polsek. Saat ini polsek di Kendari berjumlah lima.

Namun Waris menegaskan, untuk menghadirkan polsek terlebih dahulu harus membangun polisi sub sektor (polsubsektor). Selanjutnya bisa meningkat menjadi polsek dengan membutuhkan waktu selama kurang lebih dua tahun.

"Terdapat tahapan-tahapan untuk pembangunan polsek yang dimulai terlebih dahulu dari pembangunan polsubsektor, nanti sesudah itu kalau sudah disetujui polsubsektor sekitar dua tahun kemudian diajukan peningkatan menjadi polsek," ujar Waris di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 1 Maret, disitat Antara.

Ia juga menjelaskan, pembangunan polsubsektor sampai menjadi polsek, pihak Polda Sultra harus mengajukan ke Mabes Polri dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Jadi kalau nanti dari Mabes Polri dan Kemenpan-TB setuju untuk rencana program tersebut, baru kita bangun polsubsektor. Demikian juga peningkatan polsubsektor menjadi polsek, karena membentuk satu unit kerja itu terkait dengan beberapa hal seperti anggaran, kemudian lahan, pembangunan markas, dan sebagainya," tuturnya.

Meskipun begitu, Warisa mengimbau agar seluruh masyarakat tetap bersama-sama menjaga lingkungan masing-masing dalam menciptakan suasana ketertiban yang aman dan kondusif.