PPP Prediksi Pengumuman Nama Menpora Pengganti Amali  Dibarengi Pengisian Pos Wamen yang Kosong
Zainudin Amali yang baru saja mengemban tanggung jawab jadi Waketum PSSI memutuskan mundur dari jabatan Menpora. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek memprediksi nama pengisi kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sepeninggal mundurnya Zainudin Amali bakal diumumkan bersamaan dengan posisi wakil menteri (wamen) yang masih kosong.

"PPP pada prinsipnya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. Tapi setidaknya, sinyal-sinyal itu sudah mulai terang kalau bakal ada pergantian, salah satunya dari Menpora itu. Kan orang sudah mengajukan pengunduran diri, di politik orang yang sudah mundur enggak mungkin ditahan-tahan juga," ujar Awiek kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 28 Februari.

"Tapi kalau memang ada reshuffle, ya itu momentumnya Presiden Jokowi untuk melakukan pengisian pos wamen yang masih kosong. Prediksi saya, Menpora dengan wamen," sambungnya.

Kendati demikian, Awiek menegaskan, bahwa soal perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Khususnya mengganti menteri yang kurang perform dalam menjalankan tugasnya.

"Beliau (presiden) yang memiliki hak prerogatif, kalau ada kabinet-kabinet yang dikira performa kinerjanya kurang baik, ya tidak ada salahnya Presiden melakukan reshuffle," kata Awiek.

"Tapi, yang jelas bahwa hari ini beberapa pos wakil menteri itu masih kosong. Ya bisa jadi kalau ada reshuffle itu juga diisi, yang lain-lain terserah Presiden Jokowi. Beliau sudah memiliki buku parameter kerja kabinet gitu," imbuhnya.

Sekretaris fraksi PPP DPR itu pun menyatakan, kader partainya siap apabila diminta Presiden Jokowi mengisi jabatan tersebut atau wamen.

"Kalau PPP dipercaya kita siap, gitu kan, tapi kan kita tidak bisa mendikte presiden," kata Awiek.

Seperti diketahui, Zainudin Amali telah menyatakan akan mundur dari jabatan Menpora setelah terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI. Amali beralasan, sebagai menteri yang membidangi olahraga, tidak adil bila hanya fokus menangani cabang olahraga (cabor) tertentu, yakni sepak bola.

"Tentu tidak adil buat saya sebagai Menteri (Pemuda dan) Olahraga yang mengurusi banyak cabor kemudian untuk fokus dan konsentrasi ke (satu) olahraga," kata Zainudin Amali di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu, 22 Februari.

Presiden Jokowi pun telah membenarkan bahwa Amali sudah mengajukan permohonan pengunduran diri secara informal kepadanya.

"Secara resmi belum, (pernyataan) tertulis belum. Informal sudah (menyatakan undur diri)," ujar Jokowi di Jalan Ciliwung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Februari.

Namun terkait pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora, Jokowi belum memberi jawaban pasti. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," kata Jokowi.