Siapa Layak Gantikan Zainudin Amali di Kursi Menpora
Menpora Zainudin Amali/DOK Kemenpora

Bagikan:

JAKARTA - Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih sebagai wakil ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Pengunduran diri tersebut sudah disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo secara informal.

 

Artinya, akan ada kursi kosong di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Lantas, siapakah yang bakal menjadi Menpora baru pengganti Zainudin Amali? 

 

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai kemungkinan besar posisi Menpora akan diisi oleh kader Partai Golkar yang juga merupakan partai Amali. 

"Penggantinya pasti akan diisi kader terbaik Golkar," ujar Adi Prayitno di Jakarta, Selasa, 21 Februari. 

 

Soal sosok, Adi menilai, kriterianya harus sesuai dengan portofolio Menpora, berkontribusi atas pemenangan Jokowi, dan punya pengalaman politik yang panjang. Menurutnya, sosok Ketua DPD Golkar Jawa Barat yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily berpeluang menggantikan Amali sebagai Menpora. "Ciri-ciri itu, jika melihat tanda alam mengarah ke Ace Hasan," katanya. 

 

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), menilai Jokowi dan Golkar akan untung jika memilih Ace sebagai pengganti Amali. Pasalnya, Ace dikenal dekat dan berjuang keras untuk kemenangan Jokowi di Pemilu 2019 lalu. 

 

"Ace adalah politisi Golkar yang kompeten, kredibel, dan punya reputasi yang baik, jadi bisa menguntungkan Presiden sekaligus Golkar," sebutnya. 

 

Disisi lain, Adi mengapresiasi alasan mundurnya Amali sebagai Menpora agar dirinya bisa fokus menjalankan tugas di PSSI. Menurutnya, hal tersebut menjauhkannya dari politik kepentingan karena tidak merangkap jabatan. 

"Secara etika politik ZA (Zainudin Amali) layak diapresiasi karena akan total ke PSSI dan terhindar dari conflict of interes," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Zainudin Amali belum secara resmi mengundurkan diri dari posisi Menpora. Pengunduran diri, kata Jokowi, baru disampaikan secara informal.

 

"Secara resmi, secara tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta, Selasa, 21 Februari. 

 

Kendati demikian, Jokowi belum mengungkap siapa pengganti Amali. Dia akan menyampaikannya setelah ada pengangkatan resmi.

"Gantinya nanti kalau sudah ada resminya saya bicara," ujar Jokowi.

 

Golkar Punya Banyak Kader

 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng menyatakan partainya memiliki banyak kader untuk dijadikan sebagai Menpora menggantikan Amali. Selanjutnya, kata Mekeng, tinggal Presiden Jokowi yang memilih. 

"Golkar punya banyak kader, tinggal pak Presiden mau yang mana," kata Mekeng saat dikonfirmasi VOI, Senin, 20 Februari. 

Mekeng juga membenarkan jika Partai Golkar saat ini menunggu arahan Presiden Jokowi terkait hal tersebut. Sebagaimana yang dikatakan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. 

"Iya betul (tunggu arahan Jokowi)," katanya. 

 

Namun, Mekeng mengaku tidak tahu menahu soal isu pergantian Menpora dari Zainudin Amali ke Ketua Umum Angkat Muda Partai Golkar (AMPG), Ilham Permana. Dia mengatakan belum mendapat kepastian informasi mengenai hal itu. 

 

"Saya belum mendapatkan info yang pasti tentang itu (Ketum AMPG jadi Menpora, red)," ujar Mekeng.