Kompolnas Ajukan 2 Jenderal Bintang Tiga Calon Pengganti Kapolri
Menko Polhukam Mahfud MD (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD sudah mengirimkan dua nama yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Kedua nama itu akan dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dimintakan persetujuan lewat DPR.

"Benar, penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh presiden agar diajukan ke DPR," ujar Menko Polhukam Mahfud MD dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 8 Januari.

Tapi, Mahfud tak menyebutkan kedua nama jenderal yang direkomendasikan itu. Dia hanya menyebut keduanya berpangkat komisaris jenderal.

"Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2," kata dia.

Bursa Kapolri saat ini sedang menjadi sorotan. Sebab, Jenderal Idham Azis tak lama lagi akan memasuki masa pensiun. Banyak spekulasi soal nama-nama yang digadang-gadang bakal menggantikannya.

Idham Aziz menjabat sebagai Kapolri usai dilantik Presiden Joko Widodo pada 1 November 2019. Dia bakal pensiun pada Januari 2021 setelah menjadi orang nomor satu Polri selama kurang lebih satu tahun dua bulan.