Moeldoko Sebut Jokowi Sudah Pertimbangkan Sejumlah Nama Calon Kapolri
Kepala Staf Presiden Moeldoko (DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempertimbangkan sejumlah nama yang akan ditunjuk sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) untuk menggantikan Jenderal Idham Azis. 

"Siapanya pasti sudah ada. Kebetulan tidak di kantong saya," kata Moeldoko kepada wartawan di Jakarta, Senin, 4 Januari.

Menurutnya, nama tersebut sudah ada dan siap untuk diserahkan kepada DPR. Apalagi, pergantian ini bukanlah hal yang luar biasa. Sehingga, semua proses hanya tinggal menunggu waktu saja. 

"Ya, itu sebenarnya karena ini sesuatu yang rutin ya, prosedurnya sudah ada tinggal nunggu waktu, siapanya pasti sudah ada," ujarnya.

"Ini kan mekanismenya jelas ada usulan. Berikutnya DPR akan memproses ada di sana, proses pemilihannya, berikutnya nanti keputusannya seperti apa. Saya pikir sampai di situ aja, nanti nama belakangan gampang," imbuh dia. 

Diketahui, dalam proses pemilihan pengganti Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari mendatang, Jokowi akan memilih nama-nama yang disodorkan oleh Komisi Polisi Nasional (Kompolnas). 

Selanjutnya, nama yang dipilih tersebut akan diajukan ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan atau fit and proper test.