Nama Calon Kapolri Beredar di Medsos, Mahfud: Itu Spekulasi, Hanya Lempar Bola
Menkopolhukam Mahfud MD (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah nama calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis yang akan segera pensiun pada 1 Februari bermunculan di media sosial. 

Menanggapi hal ini Menko Polhukam sekaligus Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD mengatakan nama-nama tersebut hanyalah spekulasi saja.

"Semua nama yang beredar masih spekulasi," kata Mahfud saat dihubungi wartawan, Kamis, 7 Januari.

Dia menegaskan hingga saat ini belum ada nama calon Kapolri yang akan diserahkan kepada DPR RI. Sebab, nama calon tersebut akan difinalkan lebih oleh Kompolnas sebelum disampaikan pada Presiden untuk kemudian diserahkan ke DPR. 

"Sebagai Ketua Kompolnas saya pastikan bahwa semua nama yang beredar itu masih spekulasi, lempar-lempar bola," tegasnya.

Meski belum ada nama calon yang pasti, Mahfud mengatakan penyerahan dari Presiden ke DPR RI bakal dilaksanakan 11 Januari mendatang. 

"Tapi dari Kompolnas atau ke Kompolnas kan bisa kapan-kapan. Bisa besok, bisa tanggal 10 Januari, bisa tanggal 11 Januari pagi," ungkap eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempertimbangkan sejumlah nama yang akan ditunjuk sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) untuk menggantikan Jenderal Idham Azis. 

"Siapanya pasti sudah ada. Kebetulan tidak di kantong saya," kata Moeldoko kepada wartawan di Jakarta, Senin, 4 Januari.

Menurutnya, nama tersebut sudah ada dan siap untuk diserahkan kepada DPR. Apalagi, pergantian ini bukanlah hal yang luar biasa. Sehingga, semua proses hanya tinggal menunggu waktu saja.