Vaksin Bikin Ekonomi Langsung Pulih, SBY: Jangan Berpikiran seperti Itu, Tuhan Tidak Suka
Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Instagram @sb.yudhoyono)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengaku optimis bahwa Indonesia masih punya jalan untuk sukses di 2021. Artinya, ada peluang untuk Indonesia mengatasi pandemi COVID-19 dan memulihkan ekonomi di tahun ini.

Melalui sebuah catatan berjudul 'Indonesia Tahun 2021: Peluang untuk Sukses Ada, Jangan Kita Sia-Siakan' di akun Facebook resminya, SBY mengatakan dalam pantauannya sikap masyarakat cukup beragam dalam menghadapi 2021, mulai dari optimistis dan pesimistis, pasrah dan masa bodoh, hingga semangat untuk ikut mengubah keadaan masyarakat ke arah yang lebih baik.

"Saya sendiri memilih untuk  bersikap lebih optimistis (cautious optimism) dan yakin bahwa negeri kita masih punya jalan untuk sukses. Artinya, peluang bagi meredanya badai corona dan pulihnya ekonomi kita memang ada," katanya, dikutip Jumat, 8 Januari.

SBY mengakui tahun 2020 yang telah dilalui adalah tahun yang sungguh sangat berat bagi masyarakat global, termasuk Indonesia. Ia mengatakan, pandemi COVID-19 amat ganas bahkan telah memakan korban jiwa signifikan. Dampak dan ikutannya adalah krisis ekonomi yang memukul semua negara di dunia.

"Rakyat Indonesia yang terinfeksi COVID-19 dan yang meninggal dunia jumlahnya juga lumayan besar, dan tercatat sebagai yang terbesar di Asia Tenggara dan Asia Timur. Ekonomi kita juga mengalami resesi dan tekanan-tekanan lain, yang akhirnya menambah beban hidup dan penderitaan rakyat kita," ucapnya.

Menurut SBY, meredanya kasus COVID-19 dan pulihnya ekonomi nasional tak datang dari langit. Karena itu, dirinya mengingatkan untuk tidak bersikap seolah peluang baik itu akan datang dengan sendirinya.

Misalnya, kata SBY, jangan lantaran vaksin sudah datang pasti pandemi akan segera hilang. Kemudian setelah itu berpikiran bahwa ekonomi Indonesia akan pulih kembali dan bahkan tumbuh meroket.

"Jangan bersikap dan berpikir begitu. Tuhan tidak suka. Mestinya sikap dan cara berpikir kita adalah dengan semangat dan tekad yang baru, mari kita makin bersatu dan berikhtiar sekuat tenaga agar semua permasalahan bangsa di tahun 2021 ini dapat kita atasi," tuturnya.