Menkeu Sri Mulyani Copot Rafael Alun Trisambodo Ayah Mario Dandy
Rafael Alun Trisambodo (Foto: Tangkap layar)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mencopot Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari posisi Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jakarta Selatan II. Rafael merupakan ayah dari Mario Dandy Satrio tersangka penganiayaan David.

“Mulai hari ini saudara RAT saya minta untuk dicopot dari tugas dan jabatannya. Saya minta seluruh proses pemeriksaan dilakukan seara detail dan teliti hingga kemudian bisa menetapkan tingkat hukuman disiplin yang kami dapat tetapkan,” kata Sri Mulyani dalam jumpa pers, Jumat, 24 Februari.

“Saya sudah meminta pemeriksaan pelanggaran disiplin saudara RAT ditindaklanjuti. Saat ini sudah diterbitkan surat tugas pemeriksaan pelanggaran disiplin saudara RAT,” sambung Sri Mulyani.

Rafael sebelumnya menyampaikan permohonan maaf secara terbuka atas kejadian penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya, Mario Dandy, kepada David, anak dari pengurus pusat GP Ansor.

“Dengan ini menyampaikan permintaan maaf kepada Mas David dan keluarga besar Bapak Jonathan, keluarga besar PBNU dan keluarga besar GP Ansor, dikarenakan perbuatan putra saya telah menyebabkan luka serius dan trauma yang mendalam,” ujar dia dikutip Kamis, 23 Februari.

Rafael mengungkapkan, dirinya mendoakan kesembuhan kepada korban dan menyebut hal ini merupakan masalah pribadi keluarga.

“Saya menyadari, bahwa tindakan putra saya yang salah sehingga merugikan orang lain, mengecewakan dan menimbulkan kegaduhan di masyarakat,” tuturnya.

Rafael menambahkan, dia bersedia memberikan klarifikasi terkait harta kekayaan yang kini ramai diberitakan.

“Saya siap mengikuti seluruh kegiatan pemeriksaan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan,” tegasnya.