Satgas COVID-19: Ada 3 Kelompok  yang Divaksinasi Perdana, Termasuk Pejabat Pusat dan Daerah
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada tiga kelompok yang akan menerima vaksinasi COVID-19 secara perdana. Dari tiga kelompok tersebut, salah satunya adalah kelompok pejabat publik yang ada di pemerintah pusat maupun daerah.

"Jadi akan ada tiga kelompok besar yang akan menerima penyuntikan vaksin perdana yaitu kelompok satu adalah pejabat publik pusat dan daerah," kata Wiku dalam jumpa pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 6 Januari.

Kelompok selanjutnya adalah pengurus asosiasi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci institusi kesehatan di daerah. Terakhir, kelompok tokoh agama di daerah.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya akan menjadi orang yang pertama kali menerima vaksinasi COVID-19.

Terkait pembagian kelompok ini, Wiku mengatakan hal ini merupakan cerminan atas komitmen pemerintah untuk menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"(Vaksinasi ini, red) sekaligus momen mengajak masyarakat tak ragu divaksinasi," tegasnya.

Selanjutnya, setelah proses vaksinasi perdana selesai dilakukan, pemerintah akan meneruskan pelaksanaannya secara menyeluruh kepada masyarakat secara bertahap sesuai tahapan prioritas yang telah ditetapkan.

Diberitakan sebelumnya, pemberian vaksinasi perdana ini bakal dilaksanakan pada Rabu, 13 Januari mendatang. Nantinya, untuk meyakinkan masyarakat, vaksinasi perdana yang akan diterima oleh Presiden Jokowi bersama sejumlah pihak lainnya akan disiarkan secara langsung di televisi.