Badan Intelijen Sebut Rusia Menargetkan Infrastruktur Laut Utara Belanda
Ilustrasi kincir angin di Belanda. (Wikimedia Commons/S.J. de Waard)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia dalam beberapa bulan terakhir telah mencoba mendapatkan informasi intelijen, untuk menyabotase infrastruktur penting di Laut Utara Belanda, ungkap badan intelijen militer Belanda MIVD pada Hari Senin.

Sebuah kapal Rusia telah terdeteksi di salah satu ladang kincir angin lepas pantai di Laut Utara ketika kapal tersebut mencoba untuk memetakan infrastruktur energi, Kepala MIVD Jenderal Jan Swillens mengatakan dalam sebuah konferensi pers.

Kapal tersebut dikawal keluar dari Laut Utara oleh kapal-kapal penjaga pantai dan marinir Belanda, sebelum upaya sabotase berhasil, tambahnya.

"Kami melihat dalam beberapa bulan terakhir, para aktor Rusia mencoba mengungkap bagaimana sistem energi bekerja di Laut Utara. Ini adalah pertama kalinya kami melihat hal ini," kata Jenderal Swillens, dilansir dari Reuters 21 Februari.

"Rusia sedang memetakan bagaimana fungsi pembangkit listrik tenaga angin di Laut Utara. Mereka sangat tertarik dengan bagaimana mereka bisa menyabotase infrastruktur energi," jelasnya.

Badan intelijen Belanda, MIVD dan AIVD, dalam laporan bersama yang diterbitkan pada Hari Senin mengatakan, infrastruktur lepas pantai yang penting seperti kabel internet, pipa gas dan ladang kincir angin telah menjadi target kegiatan sabotase Rusia.

"Rusia secara diam-diam memetakan infrastruktur ini dan melakukan kegiatan yang mengindikasikan persiapan untuk gangguan dan sabotase," kata kedua lembaga tersebut.

Ancaman terselubung oleh Rusia terhadap pasokan air dan energi di Belanda juga dapat diperkirakan, tambah mereka.

Sebelumnya, Belanda mengatakan pada Hari Sabtu akan mengusir sejumlah diplomat Rusia yang tidak disebutkan jumlahnya, karena mereka menuduh Rusia terus menerus membawa mata-mata dengan kedok diplomatik.

Belanda juga memerintahkan Rusia untuk menutup misi dagangnya di Amsterdam, menambahkan akan menutup konsulat Belanda di Saint Petersburg.