Bagikan:

JAKARTA - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dibawa ke Jakarta pada hari ini. Dia kini dalam perjalanan menuju gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan untuk diperiksa lebih lanjut.

"Sekarang masih dalam perjalanan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin, 20 Februari.

Ali menerangkan, pesawat yang membawa Ricky berangkat dari Papua sekitar pukul 08.25 waktu setempat. Hanya saja dia tak memerinci detail perjalanan tersebut.

Ricky Ham Pagawak ditangkap KPK pada Minggu, 19 Februari kemarin. Ia berhasil ditemukan di rumah persembunyiannya di Abepura, Jayapura.

Disebutkan Ricky sempat kabur ke Papua Nugini sebelum kembali ke Papua. Dia kabur sejak Juli tahun lalu setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya, KPK menetapkan Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka dugaan suap proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. Diduga dia menerima uang dari kontraktor yang ingin dapat proyek di Mamberamo Tengah dengan nilai Rp300 juta hingga miliaran rupiah.

Selain itu, Ricky ditetapkan sebagai tersangka dugaan pidana pencucian uang. Ada sejumlah aset yang disita, di antaranya delapan bidang tanah dan bangunan serta lima unit mobil.