Brimob Kawal Ketat Proses Bupati Nonaktif Mamberamo Tengah Dibawa ke Jakarta
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri /DOK FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Bupati nonaktif Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dibawa ke Jakarta pada hari ini. Skema pengamanan ketat dilakukan dengan melibatkan personel Brimob.

"Aman lancar (proses dibawa ke Jakarta, red) di kawal Brimob," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri kepada VOI, Senin, 20 Februari.

Tapi tak dirinci jumlah personel Brimob yang dilibatkan. Jenderal bintang dua itu hanya menjelaskan pengawalan ketat dilakukan saat Ricky Ham Pagawak dari Mako Brimbob Kotaraja hingga ke bandara.

"Hari ini dibawa ke Jakarta," kata Fakhiri.

Ricky Ham Pagawak ditangkap di rumah persembunyiannya di Abepura, Jayapura pada Minggu, 19 Februari. Dia menjadi buronan sejak 15 Juli 2022.

Bupati nonaktif Mamberamo Tengah itu ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. Hanya saja, ia kabur dan diduga dibantu oknum TNI ke Papua Nugini.

Dalam kasus ini, KPK menduga Ricky menerima uang dari kontraktor yang ingin dapat proyek di Mamberamo Tengah. Diduga ada uang yang dikantonginya dari Rp300 juta hingga miliaran rupiah.

Selain itu, Ricky ditetapkan sebagai tersangka dugaan pidana pencucian uang. Ada sejumlah aset yang disita, di antaranya delapan bidang tanah dan bangunan serta lima unit mobil.