Polres Indramayu Kembali Hidupkan 317 Pos Satkamling Jaga Keamanan
Warga dilatih ilmu bela diri untuk berjaga-jaga di Satkamling masing-masing desa di Indramayu, Jawa Barat, Jumat (17/2/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Bagikan:

INDRAMAYU - Kepolisian Resor (Polres) Indramayu, Jawa Barat, kembali menghidupkan 317 pos satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di seluruh desa yang ada di daerah itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga keamanan di lingkungannya.

"Hari ini kami meresmikan Satkamling secara serentak di 317 desa yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu," kata Kapolres Indramayu AKBP Fahri Siregar dilansir ANTARA, Jumat, 17 Februari.

Dia mengatakan peresmian Satkamling ini untuk membangkitkan semangat keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Menurutnya dengan adanya Satkamling ini diharapkan menjadi wadah kebersamaan masyarakat desa, untuk menjaga keamanan serta kebersihan.

Selain itu juga dalam rangka mendukung program pemerintah menjadi prisai terbaik dari tindak kejahatan yang ada di daerah dan menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Fahri melanjutkan selain membangun Satkamling, Polres Indramayu, membekali Linmas yang berjaga di pos tersebut dengan bela diri serta langkah-langkah pencegahan dini.

"Diharapkan, dengan cara tersebut sistem keamanan lingkungan dapat terjaga," tuturnya.

Satkamling ini merupakan pengamanan yang dilakukan secara sukarela, jadi otomatis butuh motivasi dari seluruh masyarakat yang ada di desa-desa.

Menggerakkan satkamling ini, katanya untuk mewujudkan kamtibmas di wilayahnya masing-masing, dan diharapkan dapat menurunkan angka kriminalitas.

"Insya Allah apabila kita semua bisa berkolaborasi maka keamanan dan ketertiban ini bisa terwujud," katanya.