Jelang Ibadah Natal 2023, Polres Pemalang Jateng Lakukan Sterilisasi Gereja
Personel Polres Pemalang sedang melakukan sterilisasi gereja, Jumat (22/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Pemalang)

Bagikan:

PEMALANG - Polres Pemalang, Jawa Tengah, melakukan sterilisasi gereja untuk menjamin keamanan dan kekhidmatan umat Nasrani dalam menjalankan ibadah Natal 2023.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan sterilisasi gereja dilakukan sebelum berlangsungnya kegiatan ibadah.

"Pada kegiatan sterilisasi, personel melakukan penyisiran ke setiap sudut bangunan, baik di dalam maupun luar ruangan dengan menggunakan alat metal detektor, mirror detector, dan anjing pelacak," katanya di Pemalang, dilansir dari Antara, Jumat, 22 Desember. 

Pihaknya mengerahkan tim sterilisasi dari Satuan Samapta yang telah mengikuti pelatihan di Polda Jateng.

"Sterilisasi gereja ini untuk keamanan dan kenyamanan umat Nasrani pada perayaan Natal 2023. Kami berharap masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban agar perayaan Natal 2023 maupun Tahun Baru 2024 berlangsung aman dan nyaman," katanya.

Terkait kesiapan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dia mengatakan Polres telah mendirikan sejumlah pos pelayanan dan pos pengamanan, diantaranya di Gereja Santo Lukas Pemalang.

Ia mengimbau masyarakat ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, apalagi saat ini bersamaan dengan adanya kegiatan tahapan kampanye.

"Mari kita jaga kamtibmas dan kerukunan antarumat beragama agar tercipta kondisi yang aman, tertib, dan nyaman," katanya.

Sekretaris Dewan Patoral Paroki Pemalang Eko Purwanto menyampaikan ucapan terima kasih pada Polres Pemalang yang telah melaksanakan sterilisasi ke gereja-gereja.

"Kami menilai petugas telah melaksanakan pengamanan dengan baik sehingga umat Nasrani dapat menjalankan ibadah dengan aman," katanya.