Kecepatan Dikeluhkan, 1 Mesin Lagi Bakal Dibenamkan di Kapal Ambulans Karimunjawa
Kapal ambulans untuk warga Karimunjawa, Jepara, Jateng. (ANTARA-HO-Humas Pemprov Jateng)

Bagikan:

JATENG - Warga Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara berharap kapal ambulans untuk pelayanan kesehatan ditunjang mesin yang memadai agar dapat bergerak untuk kebutuhan cepat. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah meresponsnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Jawa Tengah Irma Makiah mengatakan kapal ambulans itu saat ini melaju dengan kecepatan 5 knot sehingga akan dibenamkan satu mesin lagi untuk menambah kecepatan.

“Kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Jepara guna merespons keluhan warga Karimunjawa, terutama soal penambahan kecepatan kapal ambulans," kata Irma di Semarang, Jawa Tengah, Jumat 17 Februari.

Ia menjelaskan, penambahan mesin kapal ambulans yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 3 meter itu tidak bisa langsung terealisasi, tapi dilakukan secara bertahap.

“Untuk penambahan kecepatan memang diberikan secara bertahap, rencananya akan ditambah mesin untuk anggaran perubahan atau tahun depan," ujarnya.

Mengenai desain kapal ambulans, Irma menyebut, sudah sesuai standar pelayanan kesehatan.

“Kapal ini sudah didesain untuk bisa memberikan layanan kesehatan bagi pasien di daerah terpencil, khususnya di Karimunjawa,” katanya.

Selain itu, ketinggian kapal juga sudah didesain sesuai kebutuhan untuk mempermudah petugas kesehatan memberikan pelayanan bagi pasien.

"Itu sudah standar untuk layanan pasien dari Karimunjawa ke pulau-pulau yang ada di sana. Untuk tinggi kapal itu agar petugas mudah dalam melayani pasien," ujarnya.

Kapal ambulans yang dilengkapi sarana dan prasarana medis seperti tabung oksigen, stetoskop, defibrilator, USG dan ECG itu sudah melalui uji fungsi dibuktikan berlayar dengan cukup baik dan lancar dari Kabupaten Rembang (tempat pembuatan kapal) sampai Kepulauan Karimunjawa. Kapal itu merupakan bantuan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Saat itu (akhir Januari 2023, red.) diterima dengan kondisi baik oleh Kepala Puskesmas Karimunjawa," katanya.