Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Mahfud MD Yakin Korupsi dan Pasar Gelap Tak Akan Dibiarkan
Ketum PSSI Erick Thohir/FOTO via Instagram @pssi/@erickthohir

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meyakini Menteri BUMN Erick Thohir yang terpilih jadi Ketua PSSI membawa perbaikan ke depan. Erick dinilai tak akan membiarkan praktik curang terjadi di dunia sepak bola Tanah Air.

"Kita yakini dia tidak akan korupsi dan tidak akan membiarkan terjadinya pasar gelap dalam pertandingan-pertandingan sepakbola kita," kata Mahfud kepada wartawan, Jumat, 17 Februari.

Mahfud meyakini Erick Thohir bakal profesional mengurusi PSSI. Dirinya bahkan sudah berdiskusi langsung, bahkan menyerahkan dokumen Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan sebagai pengingat apa saja yang harus dibereskan.

"Kita tahu Pak Erick Thohir adalah orang profesional di sepakbola yang punya kecintaan dan impian tentang kemajuan PSSI," tegasnya.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga mengatakan dengan terpilihnya Erick maka rekomendasi dari TGIPF sudah dijalankan seluruhnya. Apalagi, menteri di Kabinet Indonesia Maju itu terpilih lewat kongres luar biasa (KIB).

Tak hanya itu, penegakan hukum terhadap mereka yang bertanggung jawab dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan telah dilakukan dan perbaikan tata kelola termasuk standar stadion sepak bola di Tanah Air mulai dilakukan secara bertahap.

"Semua rekomendasi TGIPF sudah dilaksanakan," ujar Mahfud.

"Bahwa pelaksanaannya bertahap dan banyak yang belum selesai itu biasa saja. Kita harus ikut semua mekanisme yang telah diatur dan disepakati antara Pemerintah, PSSI, dan FIFA. Kalau mau-maunya sendiri juga takkan bisa," sambungnya.

Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027. Dia unggul jauh dari para rivalnya dalam pemungutan suara di Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung Kamis, 16 Februari kemarin.

Menteri di Kabinet Indonesia Maju ini mengantongi 64 suara dari total 86 suara voter yang hadir di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Sementara itu, LaNyalla Mattalitti yang jadi saingan kuat Erick Thohir hanya mengantongi 22 suara.

Berikut susunan Komite Eksekutif PSSI 2022-2023:

Ketua Umum PSSI: Erick Thohir 

Wakil Ketua Umum:

Ratu Tisha

Zainuddin Amali

Anggota Exco:

Eko Setiawan

Endri Erawan

Juni Rahman

Muhammad

Rudi Yulianto

Sumardji

Vivin Cahyani

Pieter Tanuri

Arya Mahendra

Khairul Anwar

Ahmad Riyadh

Hasnuryadi