Sertifikat Imunisasi Jadi Syarat Masuk Sekolah di Lhokseumawe Aceh
Anak diberikan vitamin dalam rangka BIAN (ANTARA)

Bagikan:

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh menjadikan sertifikat imunisasi dasar lengkap sebagai salah satu syarat anak-anak masuk sekolah di jenjang PAUD hingga SMP di daerah itu.

"Syarat penerimaan murid mulai dari PAUD, TK, SD, SMP harus ada sertifikat imunisasi dasar lengkap. Kalau tidak ada silakan saja cari sekolah di luar Lhokseumawe," kata Penjabat Wali Kota Lhokseumawe Imran dikutip ANTARA, Kamis 16 Februari.

Dia menjelaskan persyaratan tersebut dikeluarkan agar para orang tua memberikan imunisasi lengkap kepada anaknya. Tujuan imunisasi tersebut melindungi anak-anak dari berbagai penyakit, seperti polio,

Oleh karena itu, ia mengajak semua orang tua menjalankan program imunisasi dasar lengkap bagi anak-anaknya.

Apalagi, katanya, hasil pengecekan ke puskesmas, cakupan imunisasi dasar lengkap di Kota Lhokseumawe masih minim.

"Demi mensukseskan program imunisasi dasar lengkap, maka kami menjadikan sertifikat imunisasi dasar lengkap tersebut sebagai syarat wajib untuk anak yang akan masuk sekolah," kata Imran.

Menyangkut dengan imunisasi polio, ia meminta dukungan semua pihak, termasuk kalangan sekolah, menyukseskan program pemerintah tersebut agar mencapai target anak yang menerima imunisasi.

Imunisasi tersebut sebagai respons pemerintah atas kasus kejadian luar biasa (KLB) polio di Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, dan Kabupaten Aceh Utara. Imunisasi ini untuk melindungi anak-anak terserang virus polio.

"Jadi, kami mengajak kepala sekolah, wali kelas, maupun orang tua, membantu untuk mencapai target anak-anak yang mendapatkan imunisasi polio," kata dia.