KPU Ingatkan Pantarlih Pemilu 2024 Jaga Identitas dan NIK Pemilih
Ilustrasi pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS KBRI Kuala Lumpur di Malaysia pada 14 pada April 2019. (ANTARA).

Bagikan:

KEPRI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengingatkan panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk menjaga kerahasiaan data pemilih.

Anggota KPU Kepri Arison mengatakan, seluruh penyelenggara pemilu, termasuk anggota pantarlih memiliki kewajiban untuk melindungi data pemilih.

Pantarlih, lanjut dia, dilarang memberikan atau menyebarkan identitas pemilih, khususnya nomor induk kependudukan (NIK) kepada pihak lain.

"Perlindungan data pemilih bertujuan agar tidak disalahgunakan oleh pihak tertentu," katanya di Tanjungpinang, Kepri, Kamis 16 Februari, disitat Antara.

Bahkan jajaran KPU kabupaten dan kota tidak memiliki kewajiban untuk mendistribusikan data pemilih kepada Bawaslu kabupaten dan kota, kecuali permintaan data itu dilakukan sesuai prosedur formal.

"Saya sudah mewanti-wanti kepada jajaran KPU kabupaten dan kota agar melindungi data pemilih untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," sambungnya.

Pemberian data pemilih hanya dapat dilakukan oleh KPU Kepri serta KPU kabupaten dan kota sesuai prosedur sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Arison mengungkapkan, pemerintah melindungi data pribadi seluruh warga negara, termasuk untuk kepentingan pemilu dan pilkada. Kebocoran data pribadi, yang dimanfaatkan untuk kejahatan melanggar UU Nomor 27 tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi.

"Kami berharap tidak ada satu pun data pribadi pemilih yang diberikan kepada pihak lain tanpa prosedur," katanya menegaskan.

Ketua Bawaslu Kepri Said Abdullah Dahlawi juga mengingatkan jajarannya sampai di tingkat kelurahan untuk melindungi data pemilih. Perlindungan data pribadi untuk kepentingan pemilu dan pilkada merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan.

"Kami juga melakukan berbagai upaya agar data pemilih yang dikantongi jajaran KPU Kepri tidak bocor, dan disalahgunakan pihak tertentu," tandasnya.