Profil Joko Agus Setyono: Orang Kebumen yang Diangkat Jokowi Jadi Sekda DKI
Joko Agus Setyono Orang Kebumen

Bagikan:

JOGJAKARTA- Joko Agus Setyono ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Sekda DKI yang baru. Penunjukan tersebut nantinya akan membuat Joko Agus Setyono mendampingi Pj Gubernur Heru Budi Hartono. Joko Agus Setyono ditunjuk oleh Jokowi dimana telah diatur oleh undang-undang bahwa sekda atas saran dari Gubernur ditunjuk oleh presiden secara langsung.

Penunjukan tersebut tertuang dalam Keppres Jokowi nomor 13/TPA Tahun 2023 yang ditetapkan pada tanggal 13 Febuari 2023. Namun begitu banyak orang bertanya siapa Sekda DKI karena memang wilayah Ibukota sedang disorot kencang setelah Anies Baswedan lengser. Berikut profil singkat dari Joko Agus Setyono:

Pria bernama Joko Agus Setyono lahir di Kebumen pada tanggal 11 Desember 1968. Berasal dari desa Sawangan, Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah. Beliau merupakan alumni SMAN Gombong angkatan 1987.

Joko Agus Setyono mengawali karier mentereng semenjak mengemban jabatan sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sebelum diangkat oleh Jokowi, Joko Agus Setyono menjabat Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali sejak 2022.

Joko Agus Setyono juga pernah mendapatkan  Satyalancana Karya Satya 10 Tahun. Secara keseluruhan yang telah dicapai oleh Joko Agus Setyono yaitu Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kepala Sub Auditorat Sub Auditorat DKI Jakarta I BPK RI, dan Kepala Seksi Seksi I.C.3.2 Auditorat Utama Keuangan Negara I.

Sejumlah alasan Jokowi juga menguatkan bahwa memang Joko Agus Setyono layak untuk diangkat menjadi sekda. Salah satunya adalah Jokowi telah mengenal begitu lama dan beliu merupakan orang yang bisa berkomunkasi dengan baik dengan siapa pun. 

Sebelumnya posisi Joko Agus Setyono, jabatan Sekda DKI diisi oleh Marullah Matali. Namun beliau dicopot dan memindahkan Marullah. Posisi baru Marullah adalah sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata.

Posisi Marullah kemudian diisi oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto yang ditunjuk menjadi Pj Sekda DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta membuka seleksi jabatan pada Desember 2022 dan dalam proses tersebut ada 3 nama yang disarankan oleh Gubernur kepada Jokowi salah satunya Joko Agus Setyono. Beliau bersaing dengan dua orang lainya yaitu Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma dan Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta Michael Rolandi Cesnanta Brata.