Penjambret Perempuan di Jepara Ditangkap, Uang Jutaan Disita
Kapolres Jepara AKBP Warsono didampingi Kasat Reskrim AKP Ahmad Masdar Tohari dan Kasubsi Penmas Si Humas Ipda Basirun saat konferensi pers di Mapolres Jepara, Rabu (15/2/2023). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Bagikan:

JEPARA - Polres Jepara, Jawa Tengah menangkap pelaku penjambretan dengan sasaran korbannya kaum perempuan. Barang bukti berupa dompet dan uang sebesar Rp4,1 juta disita polisi.

"Berdasarkan pengakuan tersangka berinisial IKN (22) warga Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong, Jepara, sasaran korbannya sengaja dipilih perempuan karena dinilai paling mudah dalam menjalankan aksinya," kata Kapolres Jepara AKBP Warsono didampingi Kasat Reskrim AKP Ahmad Masdar Tohari saat konferensi pers dilansir ANTARA, Rabu, 15 Februari.

Dalam menjalankan aksinya itu, kata dia, pelaku yang mengetahui ada dua perempuan yang berboncengan sepeda motor di Jalan Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, pada akhir Januari 2023.

Pelaku mendekati korban lalu mengambil paksa barang berharga yang diletakkan di dashboard sepeda motor.

Saat kejadian, jalan setempat memang sepi karena mayoritas warga tengah menjalankan salat Jumat.

Namun, aksinya itu diketahui warga sehingga ada warga yang melakukan pengejaran.

"Anggota Kepolisian yang mendatangi tempat kejadian, kemudian mengamankan pelaku beserta barang bukti berupa dompet yang berisi uang Rp4,1 juta," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku ternyata sudah menjalankan aksi serupa di lintas kecamatan di Kabupaten Jepara sebanyak empat kali.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan pasal 365 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.