Bagikan:

MANOKWARI - Bupati Manokwari, Papua Barat, Hermus Indou mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah kabupaten agar bersikap kooperatif saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit laporan keuangan.

"Pimpinan OPD dan seluruh jajarannya untuk melayani dengan baik ketika tim pemeriksa datang," kata Hermus saat apel gabungan di halaman kantor Bupati Manokwari, dilansir Antara, Senin, 13 Februari.

Ia menegaskan pimpinan OPD serta seluruh jajarannya harus mampu menyediakan data dan informasi keuangan yang diperlukan oleh tim audit BPK secara lengkap.

Kemudian, pimpinan OPD wajib berada di kantor masing-masing ketika tim audit hendak melakukan pemeriksaan laporan keuangan tersebut.

"Tim itulah yang membantu kita apabila ada kesalahan dalam penyajian laporan keuangan," tegas dia.

Dalam proses pemeriksaan laporan keuangan tentu ada uji kesesuaian laporan dengan fakta lapangan serta penyusunan administrasi. Oleh sebab itu, seluruh laporan penggunaan anggaran pemerintah harus merujuk pada pekerjaan fisik yang telah direalisasikan.

"Jangan ada pekerjaan fisik yang fiktif di laporan," pesan bupati.

Ia menjelaskan aparatur pemerintah daerah wajib menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap penggunaan anggaran pemerintah.

Tugas serta tanggung jawab yang diemban harus dilaksanakan sebaik mungkin demi terlaksananya program pembangunan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Instansi teknis yang berhubungan langsung dengan masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan maladministrasi terutama laporan keuangan ketika diaudit BPK.

"Kita harus jujur, katakan ya jika kita kerjakan dan tidak jika tidak kerjakan. Jangan tidak lalu katakan ya," ujar Hermus.

Menurut dia, ada banyak aspek evaluasi laporan keuangan seiring dengan penyelenggaraan roda pemerintahan yang sudah berjalan dua tahun. Aspek yang dimaksud seperti kinerja pemerintah daerah, loyalitas aparatur pemerintah, dan lainnya.

"Kalau baik kita pertahankan dan yang belum ya kita geser pimpinannya bukan nonjob ya," kata bupati.