Pemerintah Manokwari Siapkan 2 Tempat untuk Relokasi Pedagang dari Pasar Sanggeng
Suasana di depan Pasar Sanggeng, di Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Minggu (23/10/2022) pagi. (ANTARA)

Bagikan:

MANOKWARI - Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, menyiapkan dua tempat untuk merelokasi pedagang dari Pasar Sanggeng yang hendak dibangun ulang.

Bupati Manokwari, Hermus Indou mengatakan, dua lokasi itu tidak jauh dari Pasar Sanggeng yakni di belakang kawasan perbankan serta satu lagi berada di Jalan Percetakan yang merupakan kawasan perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kami masih akan menyiapkan dua lokasi lagi sebagai tempat relokasi pedagang tambahan," ujar Hermus di Manokwari, Antara, Minggu, 23 Oktober. 

Dia berharap relokasi para pedagang dapat berjalan lancar. Relokasi pedagang dari Pasar Sanggeng dilakukan lantaran pasar tersebut rencananya akan dibangun ulang mulai Januari 2023 mendatang.

Pemkab Manokwari merencanakan pembangunan Pasar Sanggeng akan berbentuk empat lantai dari bangunan yang kini berbentuk tiga lantai. Target pengerjaan pembangunan Pasar Sanggeng diharapkan selesai pada Desember 2024 mendatang.

Hermus mengungkapkan, lelang awal dari rencana pembangunan Pasar Sanggeng itu akan dilakukan awal Desember 2022.

Dia menargetkan relokasi pedagang bisa tuntas dalam dua hingga tiga pekan ke depan. Di sisi lain, ia menyebut pembangunan Pasar Wosi sementara sudah berjalan hingga 85 persen.

"Dalam waktu dekat kita akan serahkan kepada pedagang sesuai dengan daftar nama yang ada yang sebelumnya menjadi korban kebakaran," ungkap Hermus.

Pembangunan Pasar Wosi dalam bentuk permanen disebutnya akan mulai dikerjakan setelah pengerjaan Pasar Sanggeng selesai.